PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN POWTOON PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT DI SMP WIRASWASTA BATANG KUIS

HAZ, SILVIA RAHMA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN POWTOON PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT DI SMP WIRASWASTA BATANG KUIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA.

[img] Text
2__COVER_FULL_FIX.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3__BAB_I_ISI.pdf

Download (456kB)
[img] Text
4__BAB_II_ISI.pdf

Download (900kB)
[img] Text
5__BAB_III_ISI.pdf

Download (446kB)
[img] Text
6__BAB_IV_ISI.pdf

Download (602kB)
[img] Text
7__BAB_V_ISI.pdf

Download (167kB)
[img] Text
8__DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN_FIX.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Powtoon, R&D Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berupa video pembelajaran menggunakan aplikasi Powtoon pada materi bilangan berpangkat. Penelitian ini adalah penelitian R&D dengan langkah penelitian mengacu pada model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Wiraswasta Batang Kuis yang berjumlah 24 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen ahli materi dan ahli media terhadap kevalidan media pembelajaran, instrumen lembar respon guru dan siswa terhadap kepraktisan media pembelajaran serta tes hasil belajar siswa terhadap keefektifan media pembelajaran. Hasil penilaian dari ahli materi diperoleh persentase kevalidan sebesar 92% dengan kategori “sangat valid” serta penilaian dari ahli media sebesar 85% dengan kategori “sangat valid”. Hasil dari angket respon guru diperoleh persentase sebesar 90,6% dan hasil dari angket respon siswa diperoleh persentase sebesar 90,72% yang berarti kedua responden menyatakan bahwa media yang dikembangkan sudah “sangat praktis”. Adapun pada saat pre-test, skor rata-rata yang diperoleh oleh siswa adalah 41,25 dan pada saat post-test adalah 78,95. Hal ini dapat diketahui bahwa telah terjadi peningkatan nilai siswa dari tes awal dan tes akhir yaitu sebesar 0,63 maka hal ini termasuk kedalam kategori “sedang”. Oleh karena itu, media pembelajaran tersebut dapat dikatakan cukup efektif dalam pembelajaran bilangan berpangkat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Pengguna yang mendeposit: Mr. Amrul Ahyar
Date Deposited: 30 Dec 2023 17:56
Last Modified: 30 Dec 2023 17:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21416

Actions (login required)

View Item View Item