ANALISIS KINERJA GREEN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT PADA UMKM BATIK SENI PENDOPO

NURMITHA, RIKA (2023) ANALISIS KINERJA GREEN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT PADA UMKM BATIK SENI PENDOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA.

[img] Text
Cover_-_Rika_Nurmitha.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB_I_-_Rika_Nurmitha.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_II_-_Rika_Nurmitha.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_III_-_Rika_Nurmitha.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_IV_-_Rika_Nurmitha-dikompresi.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB_V_-_Rika_Nurmitha.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dafttar_Pustaka_Lampiran_-_Rika_Nurmitha-dikompresi.pdf

Download (412kB)

Abstract

Kebudayaan asli Indonesia yang terkenal didunia salah satunya adalah batik. Industri batik yang baik harus bisa menghasilkan batik yang unggul sesuai dengan kebutuhan pasar dengan standar kualitas, lingkungan, HAM serta isu ketenagakerjaan. Pengrajin batik memiliki manajemen yang lemah, diantaranya menggunakan bahan kimia berbahaya, penggunaan air dan jumlah limbah dengan volume tinggi, dan tidak efisiennya penggunaan lilin dan zat pewarna. Meningkatnya dampak industri terhadap lingkungan membuat masyarakat sadar terhadap pengembangan konsep GSCM. Aktivitas GSCM meliputi green procurement, green manufacturing, green distribution dan reverse logistic. Penerapan GSCM dapat memaksimalkan keuntungan, meningkatkan kinerja perusahaan, meningkatkan pangsa pasar serta dapat meminimalkan dampak terhadap lingkungan. Di Medan Batik Seni Pendopo merupakan salah satu usaha batik yang menerapkan praktik GSCM. Perlu dilakukan penelitian mengenai pengukuran kineria green manufacturing pada Batik Seni Pendopo agar dapat terus mengembangkan usahanya dengan baik, menjaga lingkungan sekitarnya, dan memberikan usulan perbaikan berdasarkann hasil pengukuran kinerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis case study, dengan tambahan metode green SCOR dan AHP. Dari hasil pengukuran diperoleh nilai kinerja sebesar 77,43 yang berarti baik. Dari 13 KPI, tidak ada yang masuk dalam kategori tidak memuaskan. Namun terdapat beberapa KPI yang memiliki kinerja kurang memuaskan yaitu energy usage, waste produced as % of product produced, biaya produksi, biaya instalasi pengolahan limbah dan efisiensi stamp dan canting batik. Perbaikan yang disarankan pada usaha ini yaitu memimalisir penggunaan listrik, mengurangi penggunaan bahan baku lilin malam dan air, mengelola limbah lilin malam menjadi produk lain untuk menambah pemasukan usaha, memodifikasi pengelolaan limbah agar limbah yang dibuang ke lingkungan dapat diminimalisir, dan melakukan pelatihan mendesain dan mencanting agar proses produksi menjadi lebih cepat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Green Supply Chain Management, Green Manufacturing, Kinerja SCM, Green SCOR, AHP (Analytical Hierarki Proses)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Amrul Ahyar
Date Deposited: 30 Dec 2023 17:51
Last Modified: 30 Dec 2023 17:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21415

Actions (login required)

View Item View Item