STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGANI KASUS BULLYING VERBAL PADA SISWA DI SMP NEGERI 3 TEBING TINGGI

Sagala, Fitriana Rahayu (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGANI KASUS BULLYING VERBAL PADA SISWA DI SMP NEGERI 3 TEBING TINGGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi_Fitriana_Rahayu_Sagala_Cover.pdf

Download (586kB)
[img] Text
SKRIPSI_FITRIANA_RAHAYU_SAGALA_Bab_1.pdf

Download (337kB)
[img] Text
SKRIPSI_FITRIANA_RAHAYU_SAGALA_Bab_2.pdf

Download (525kB)
[img] Text
SKRIPSI_FITRIANA_RAHAYU_SAGALA_Bab_3.pdf

Download (216kB)
[img] Text
SKRIPSI_FITRIANA_RAHAYU_SAGALA_Bab_4.pdf

Download (576kB)
[img] Text
SKRIPSI_FITRIANA_RAHAYU_SAGALA_Bab_5.pdf

Download (176kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka_dan_Lampiran.pdf

Download (914kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena tidak banyaknya orang yang melihat bahwa kasus perundungan ini merupakan kasus yang serius. Sebahagian orang beranggapan bahwa bully merupakan hal yang biasa dan tidak memerlukan penanganan yang cepat, padahal faktanya bully memiliki dampak yang cukup besar bagi korbannya dan juga berdampak buruk bagi pelakunya. Metodologi penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan strategi pendekatan fenomenologi. Data primer adalah guru PAI, sedangkan data sekunder adalah Kepala Sekolah, Wakil Kep. Sekolah Bid. Kesiswaan, guru BK dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dandokumentasi. Teknik analisa data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bullying verbal yang terjadi di SMP Negeri 3 Tebing Tinggi yaitu menggunakan bahasa yang tidak baik seperti “bodoh”, “gendut”, atau memanggil teman dengan nama orang tuanya. Strategi yangdigunakan guru PAI menangani bullying verbal yaitu dengan menasehati siswa, mengajarkan peserta didik cara menjaga lisan agar tidak menyakiti hati orang lain. Hambatan yang ditemui guru PAI dalam menangani bullying verbal yaitu peserta didik beranggapan bahwa itu adalah hal yang lumrah,kurangnya partisipasi serta perhatian orang tua terhadap pembentukan akhlak anak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru PAI, Bullying Verbal
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Amrul Ahyar
Date Deposited: 30 Dec 2023 17:50
Last Modified: 30 Dec 2023 17:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21412

Actions (login required)

View Item View Item