PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMA

Purba, Ari Hayati (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMA. Skripsi thesis, State Islamic University of North Sumatera.

[img] Text
ilovepdf_merged (4).pdf

Download (5MB)

Abstract

Keterampilan Proses Sains penting dimiliki oleh siswa karena dengan keterampilan proses sains ini dapat membantu siswa belajar mengembangkan pikirannya, memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan penemuan, meningkatkan daya ingat, memberikan kepuasan intrinsik bila siswa telah berhasil melakukan sesuatu, dan membantu siswa mempelajari konsep-konsep sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Scientific Inquiry terhadap keterampilan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 10 Medan yang berjumlah 3 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI MIA.1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Scientific Inquiry dan kelas XI MIA.2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen keterampilan proses sains berjumlah 10 essay test yang telah divalidasi oleh validator. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran scientific inquiry terhadap keterampilan proses sains siswa kelas XI SMA.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses Sains Siswa, Model Pembelajaran Scientific Inquiry, Pembelajaran Konvensional
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Nur Arisyah Lubis
Date Deposited: 10 Dec 2023 10:05
Last Modified: 10 Dec 2023 10:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21369

Actions (login required)

View Item View Item