Program Pemberdayaan TBM Rumah Singgah Al-Barokah dalam Meningkatkan Inklusi Sosial Masyarakat Perdagangan

Sari, Dina Mei (2023) Program Pemberdayaan TBM Rumah Singgah Al-Barokah dalam Meningkatkan Inklusi Sosial Masyarakat Perdagangan. REFORMASI, 13 (2). ISSN 2407-6864

[img] Text
ARTIKEL_DINA_MEISARI-0601193107.pdf

Download (526kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program kegiatan taman baca Rumah Singgah Al�Barokah yang berkaitan dnegan inklusi sosial serta implementasinya untuk masyarakat perdagangan serta untuk mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang dialami dalam menjalankan program pemberdayaan taman baca rumah singgah Al-Barokah dalam meningkatkan inklusi sosial masyarakat Perdagangan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, adapun penentuan informan yang peneliti lakukan yaitu menggunakan teknik purposive sampling, dimana informan dalam penelitian berjumalah 2 oraang. Teknik penggumpulan data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi kegiatan-kegiatan yang ada di TBM Rumah Singgah Al-Barokah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa point yang menjadi upaya yang dilakukan TBM dalam menjalankan program pemberdayaan untuk meningkatkan inklusi sosial masyarakat yaitu program berupa gerakan literasi, gerakan sosial anak yatim, sosialisasi dampak narkoba, melakukan story telling, kerjasama antar lembaga perpustakaan, kerjasama dengan institut wajib lapor narkoba. Sedangkan hambatan dalam menjalankan program pemberdayaan ini yaitu masih terbatasnya sarana dan prasarana serta anggaran yang dimiliki TBM.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan; taman baca masyarakat; rumah singgah; inklusi sosial
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 027 General libraries
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Sella Octavia
Date Deposited: 10 Dec 2023 03:27
Last Modified: 10 Dec 2023 03:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21328

Actions (login required)

View Item View Item