PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII MTS AL-MUTTAQIN LANGKAT

RAMADHANI, SABRINA (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII MTS AL-MUTTAQIN LANGKAT. Skripsi thesis, State Islamic University of North Sumatra.

[img] Text
ilovepdf_merged (9).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi himpunan kelas VII yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan pengembangan Research and Development (R&D) model 4-D. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas VII MTs Al-Muttaqin Langkat yang berjumlah 35 siswa. Analisis nilai LKPD dari para validator diperoleh indeks sebesar 0,89 untuk ahli materi dengan kategori tinggi atau sangat valid, nilai indeks dari ahli media sebesar 0,92 dengan kategori tinggi atau sangat valid, dan nilai indeks dari ahli bahasa sebesar 0,825 dengan kategori tinggi atau valid. Klasifikasi angket guru memenuhi kriteria sangat baik dengan skor rata rata 4,8 dari skor maksimal 5,00 dan hasil angket peserta didik memenuhi kriteria kuat atau praktis dengan persentase 81,45% yang menunjukkan bahwa LKPD berbasis etnomatematika memiliki kualitas praktis. Keefektifan diperoleh dari hasil ketuntasan belajar siswa secara klasikal setelah menggunakan LKPD sangat efektif sebesar 82% (siswa yang mendapatkan skor 75) dimana hasil belajar siswa mengalami peningkatan 54%, sehingga penggunaan LKPD berbasis etnomatematika sangat efektif digunakan dalam pembelajaran. Kemudian dilakukan perhitungan N-gain diperoleh rata-rata sebesar 0,57 dengan kategori sedang sehingga penggunaan LKPD berbasiset nomatematika efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lembar kerja peserta didik, etnomatematika, himpunan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Nur Arisyah Lubis
Date Deposited: 09 Dec 2023 09:41
Last Modified: 09 Dec 2023 09:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21236

Actions (login required)

View Item View Item