LEGAL ANALYSIS OF REFUSAL OF HEALTH FACILITIES TOWARD BPJS PATIENTS ACCORDING TO DSN-MUI FATWA NO.98 OF 2015 REGARDING GUIDELINES FOR IMPLEMENTING SHARIA HEALTH SECURITY (CASE STUDY OF HEALTH FACILITIES IN MEDAN CITY)

Satria, Muhammad Azis and Iwan, Iwan LEGAL ANALYSIS OF REFUSAL OF HEALTH FACILITIES TOWARD BPJS PATIENTS ACCORDING TO DSN-MUI FATWA NO.98 OF 2015 REGARDING GUIDELINES FOR IMPLEMENTING SHARIA HEALTH SECURITY (CASE STUDY OF HEALTH FACILITIES IN MEDAN CITY). Jurnal Ilmiah Mizani: Wacana Hukum, Ekonomi dan Keagamaan, 10 (01). pp. 69-79. ISSN 23555173

[img] Text
Jurnal_Azis.pdf

Download (305kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hukum terkait terjadinya penolakan pasien BPJS Kesehatan pada Fasilitas Kesehatan yang berada di Kota Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode penelitian empiris atau studi lapangan (field research) dan melakukan wawancara. Adapun pendekatan yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan konseptual approach. Hasil penelitian yang didapatkan terkait penolakan pasien BPJS Kesehatan pada Fasilitas Kesehatan di Kota Medan Berdasarkan Fatwa DSN-MUI NO.98 Tentang pedoman penyelenggaraan jaminan kesehatan syariah di sebabkan berkas administrasi yang tidak lengkap seperti surat rujukan, ketersedian kamar yang tidak cukup, alat-alat medis yang tidak memadai dan penyakit yang tidak dicover dalam klaim BPJS. Terhadap Fasilitas Kesehatan yang melakukan penolakan pasien BPJS akan dikenakan sanksi perdata atau sanksi administrasi serta sanksi pidana.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Penolakan, fasilitas kesehatan, fatwa mui
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Nur Arisyah Lubis
Date Deposited: 09 Dec 2023 07:03
Last Modified: 09 Dec 2023 07:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21226

Actions (login required)

View Item View Item