PERBEDAAN PENGARUH PENGGUNAAN MATAN AL-JAZARIYAH DAN MATAN TUHFATUL ATHFAL DENGAN METODE TALAQQI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MAHASISWA DI MA’HAD ABU UBAIDAH BIN AL-JARRAH MEDAN

Priono, Andika (2023) PERBEDAAN PENGARUH PENGGUNAAN MATAN AL-JAZARIYAH DAN MATAN TUHFATUL ATHFAL DENGAN METODE TALAQQI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MAHASISWA DI MA’HAD ABU UBAIDAH BIN AL-JARRAH MEDAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER_DAN_TTG_WM.pdf

Download (941kB)
[img] Text
BAB_I_.pdf

Download (657kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (902kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (630kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (707kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (262kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Perbedaan Pengaruh Penggunaan Matan Al- Jazariyah Dan Matan Tuhfatul Athfal Dengan Metode Talaqqi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mahasiswa Di Ma’had Abu Ubaidan Bin Al- Jarrah. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis berapa besar penggunaan Matan Al-Jazariyah dengan metode talaqqi terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa di Ma’had Abu Ubaidah bin Al-Jarrah, (2) Untuk menganalisis berapa besar pengaruh penggunaan Matan Tuhfatul Athfal dengan metode talaqqi terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an di Ma’had Abu Ubaidah bin Al-Jarrah, (3) adanya perbedaan pengaruh yang signifikan penggunaan Matan Al-Jazariyah dan Matan Tuhfatul Athfal metode talaqqi terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa di Ma’had Abu Ubaidah bin Al Jarrah. Metode penelitian ini menggunakan desain eksprimen pre test dan post test. Sampel dipilih dua kelas dengan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data adalah tes yaitu tes pilihan berganda dan tes kemampuan dalam membaca Al-Qur’an. Hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa yang diajarkan menggunakan matan Al-Jazariyah dengan metode Talaqqi terdapat peningkatan dari pre test ke post test sebesar 11,50, dengan hasil pre test sebesar 85,20 dan hasil post test sebesar 90,82 (2) Kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa yang diajarkan menggunakan Matan Tuhfatul Athfal dengan metode Talaqqi terdapat peningkatan dari pre test ke post test sebesar 8,43, dengan hasil pre test sebesar 81,50 dan hasil post test sebesar 88,10 (3) Ada perbedaan pengaruh penggunaan Matan Al-Jazariyah dan Matan Tuhfatul Athfal dengan metode Talaqqi terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an dengan hasil post test Matan Al-Jazariyah sebesar 90,82 dan hasil post test Matan Tuhfatul Athfal sebesar 88,10. Hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,052 > 0.05, menunjukkan tidak ada perbedaan pengaruh hasil kemampuan membaca Al-Qur’an dengan metode Talaqqi yang diajar menggunakan Matan Al-Jazariyah dan yang diajar menggunakan Matan Tuhfatul Athfal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X0 ISLAM (UMUM)
2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Tias Andini
Date Deposited: 09 Dec 2023 01:37
Last Modified: 09 Dec 2023 01:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21196

Actions (login required)

View Item View Item