PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL (SPLTV) DI MAS AL-ULUM MEDAN

Desi, Ramadayani (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL (SPLTV) DI MAS AL-ULUM MEDAN. Skripsi thesis, State Islamic University of North Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi 2.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi 2.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika berbasis problem based learning pada materi sistem persamaan linier tiga variabel (SLTV) yang valid, praktis dan efektif. Subjek penelitiannya adalah siswa/i kelas X IPS 1 MAS Plus Al-Ulum Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah menggunakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) denga pendekatan desain sistem pembelajarn yaitu model 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D. Hasil penelitian menunjukkan : (1) kevalidan media berdasarkan penilaian ahli media dengan indeks 0,93 dengan kategori “tinggi/ sangat valid” Untuk ahli materi memperoleh indeks sebesar 0,91 dengan kriteria “tinggi/ sangat valid”. Sedangkan untuk ahli media mendapatkan presentase 96% kriteria “sangat baik/ sangat valid”. (2) kepraktisan LKPD berdasarkan respon guru mendapatkan rata-rata presentase 94,3% dengan kriteria “sangat praktis”. Sedangkan berdasarkan respon peserta didik mendapatkan rata-rata presentase 82,66% dengan kategori sangat positif/ sangat praktis. (3) keefektifan media berdasarkan hasil perhitungan validitas instrumen soal test menggunakan rumus korelasi product momentdengan angka kasar diperoleh rata-rata sebesar 0,717 dengan kategori tinggi. Nilai thitung 5,9974 dan nilai ttabel 0,339, sehingga instrumen soal tes signifikan dengan taraf kesalahan atau 5%. Presentase ketuntasan klasil peserta didik diperoleh dengan rata-rata sebesar 88,8% dengan kategori sangat baik/ efektif digunakan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Problem Based Learning, Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Dwi Ayu Wulandari
Date Deposited: 07 Dec 2023 08:26
Last Modified: 07 Dec 2023 08:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21025

Actions (login required)

View Item View Item