Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika PadaMateri Geometri Di Kelas XI MAS TPI Rambung Sialang

Deliza, Cindy Ajeng (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika PadaMateri Geometri Di Kelas XI MAS TPI Rambung Sialang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_(2).pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (63kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (63kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa Modul Pembelajaran Matematika dengan dikaitkan dengan Etno yang ada di Riau, peneliti mengangkat batik-batik Melayu Riau. Materi ajar yang disajikan peneliti ialah Refleksi Geometri untuk peserta didik kelas XI SMA/MA. Subjek dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas XI MAS TPI Rambung Sialang. Prosedur pengembangan modul pembelajaran matematika dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D, yakni: tahap pendefenisian (define), tahap perencanaan (design) dan tahap pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah lembar validasi untuk mengukur kevalidan modul pembelajaran yang dikembangkan dan tes untuk mengukur keefektifan modul. Modul Pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan valid, berdasarkan skor rata-rata validasi modul yaitu 4,73 yang memenuhi kategori sangat baik, penilaian guru terhadap modul yaitu 4,6 dengan kategori sangat baik dan respon siswa dengan kategori sangat baik. Modul pembelajaran ini telah memenuhi kriteria efektif berdasarkan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 77,66

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Etnomatematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Sella Octavia
Date Deposited: 07 Dec 2023 05:42
Last Modified: 07 Dec 2023 05:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21012

Actions (login required)

View Item View Item