ANALISIS POTENSI EKONOMI KEBUN PLASMA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DITINJAU DARI MAQASYID SYARIAH(di Desa Kub. Tompek Kec. Batahan Kabupaten Mandailing Natal)

Fitri, Heldia (2023) ANALISIS POTENSI EKONOMI KEBUN PLASMA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DITINJAU DARI MAQASYID SYARIAH(di Desa Kub. Tompek Kec. Batahan Kabupaten Mandailing Natal). Skripsi thesis, State Islamic University of North Sumatera.

[img] Text
Cover.pdf

Download (646kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (645kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (520kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (909kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja potensi ekonomi dari kebun Plasma di Desa Kubangan Tompek dan untuk mengetahui potensi ekonomi kebun plasma dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat baik dilihat dari kriteria kesejahteraan masyarakat maupun dilihat dari kriteria kesejahteraan masyarakat maqasyid syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, data yang digunakan data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, Observasi dan dokumentasi. Dan data penelitian di analisis dengan menggunakan teknik analisis yang terdiri dari data reduction, data display dan verification. Hasil penelitian ini adalah potensi ekonomi dari kebun plasma itu ada tiga:Meningkatkan pendapatan, Menciptakan lapangan pekerjaan, dan Mengurangi pengangguran. Potensi ekonomi kebun plasma dilihat dari kriteria kesejahteraan di desa Kubangan Tompek sudah mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat anggota kebun plasma tersebut. Kecuali satu informan yang masih belum meningkat kesejahteraannya yaitu dapat dilihat dari belum mampunya informan memenuhi salah satu dari lima kriteria kesejahteraan masyarakatdan Potensi ekonomi kebun plasma dilihat dari kriteria kesejahteraan masyarakat maqasyid syariah di Desa kubangan tompek sudah mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya jika dilihat dari penjagaan akal, keturunan dan hartanya. Tetapi belum mampu jika dilihat dari kriteria penjagaan agama dan penjagaan jiwa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Potensi ekonomi, Kesejahteraan Masyarakat, Maqasyid syaria
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr. Rizqi Aditya
Date Deposited: 06 Dec 2023 09:47
Last Modified: 06 Dec 2023 09:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20947

Actions (login required)

View Item View Item