KONTRIBUSI KECERDESAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDS IT SAINS INSANI TANJUNG MORAWA

Ameer, Khairul (2023) KONTRIBUSI KECERDESAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDS IT SAINS INSANI TANJUNG MORAWA. Skripsi thesis, State Islamic University of North Sumatera.

[img] Text
1__Cover_abstrak_pengesahan_dll_pdf.pdf

Download (598kB)
[img] Text
BAB_I_water.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB_II_water.pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB_III_water.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_IV_water.pdf

Download (764kB)
[img] Text
BAB_V_water.pdf

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_dan_Lampiran_water.pdf

Download (288kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kecerdasan emosional dan spiritual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDS IT Sains Insani Tanjung Morawa Tahun Pelajaran 2022/2023 Kecamatan Deli Serdang. Yang berjumlah 49 orang siswa. Sampel ditetapkan semua siswa SDS IT Sains Insani. Dalam menjawab masalah penelitian ini, maka metode yang digunakan yaitu metode Kuantitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket kontribusi kecerdasan emosional dan spiritual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif studi korelatif. Hipotesis diuji menggunakan Angket.Berdasarkan hasil penelitian diketahui: 1) Terdapat kontribusi yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa Pendidikan AgamaIslam di SDS IT Sains Insani, Tanjung Morawa. Apabila siswa memilikikecerdasan emosional yang tepat maka hal iniakan memberikan sumbangan positif terhadap motivasi belajar siswa; 2) Terdapat kontribusi yang signifikan antarakecerdasan spiritual terhadap motivasi belajar siswa Pendidikan Agama Islam di SDS IT Sains Insani, Tanjung Morawa. Dengan semakin baiknya kecerdasan spiritual maka akan memberikan sumbangan positif terhadap motivasi belajarsiswa; 3) Terdapat kontribusi signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara bersama- sama terhadap motivasi belajar siswa di SDS IT Sains Insani, Tanjung Morawa. Dengan baiknya kecerdasan emosional dankecerdasan spiritual dapat memberikan sumbangan terhadap motivasi belajar siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : Motivasi Belajar, Kecerdasan Emosional dan Spritual
Subjects: 2X0 ISLAM (UMUM) > 2X0.02 Islam dan Ilmu Pengetahuan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Mr. Rizqi Aditya
Date Deposited: 06 Dec 2023 08:56
Last Modified: 06 Dec 2023 08:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20941

Actions (login required)

View Item View Item