ANALISIS PENGEMBANGAN OBJEK WISATA RELIGI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARKAT (Studi Kasus Desa Babussalam Besilam Kabupaten Langkat)

Faridani, Faridani (2022) ANALISIS PENGEMBANGAN OBJEK WISATA RELIGI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARKAT (Studi Kasus Desa Babussalam Besilam Kabupaten Langkat). Skripsi thesis, State Islamic University of North Sumatera.

[img] Text
COVER_WATERMARK_fix.pdf

Download (778kB)
[img] Text
BAB_I_Watermark-1.pdf

Download (601kB)
[img] Text
BAB_II_Skripsi-1.pdf

Download (802kB)
[img] Text
BAB_III_Skripsi-1.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB_IV_Skripsi-2.pdf

Download (656kB)
[img] Text
BAB_V_Skripsi.pdf

Download (253kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kabupaten Langkat memiliki potensi wisata yang potensial untuk dikembangkan. Salah satu tempat wisata yang sering didatangi pengunjung adalah Desa Religi Babussalam Besilam. Berbagai upaya dilakukan pemerintah daerah untuk menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung kekabupaten langkat termasuk pengembangan sektor pariwisatanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, pertama Bagaimana Pengembangan Objek Wisata Religi Pada Desa Babussalam Besilam, kedua untuk mengetahui Dampak Pengembangan Objek Wisata Religi Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat. Pendekatan penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Pertama, Pengembangan yang dilakukan pada Objek Wisata Religi Desa Babussalam Besilam. Kerjasama yang dilakukan pemerintah provinsi dengan pemerintah desa untuk membangun sarana dan prasarana seperti masjid, lapangan, lapak usaha umkm, jalan raya dan pembangunan drainase, kedua Adanya objek wisata ini memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar mereka dapat memanfaatkan peluang yang ada untuk berwirausaha serta menciptakan lapangan pekerjaan, walaupun objek wisata religi memberikan dampak positif ternyata tidak meningkatkan pendapatan masyarakat, walaupun pengunjung yang datang setiap harinya ramai, tetapi kebanyakan pengunjung yang datang hanya untuk berziarah, menyampaikan hajat maupun mengikuti kegiatan agama lainnya.Dengan adanya Pengembangan yang dilakukan pada kawasan wisata religi hendaknya baik pemerintah setempat maupun pengurus wisata religi untuk, Mengoptimalkan sarana dan prasarana Objek Wisata Religi yang belum diadakan, Membuat fasilitas penunjang agar objek wisata religi tidak monoton dan Para pedangang hendaknya menciptakan produk-produk baru pada dagangannya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Wisata, Wisata Religi, Pendapatan Masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr. Rizqi Aditya
Date Deposited: 06 Dec 2023 08:42
Last Modified: 06 Dec 2023 08:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20937

Actions (login required)

View Item View Item