StrategioMeningkatkanoKualitasoPelayananoDalam Menarik Minat NasabahaMenggunakan ProduknTabunganiIB Hijrahfdi BankiMuamalati KCP Stabat

Muliani, Siska Muliani and Nasution, Yenni Samri Juliaiti and Nasution, Muhammad Lathief Ilhamy StrategioMeningkatkanoKualitasoPelayananoDalam Menarik Minat NasabahaMenggunakan ProduknTabunganiIB Hijrahfdi BankiMuamalati KCP Stabat. SEIKO : Journal of Management & Business, 6. pp. 389-408. ISSN 2598-8301

[img] Text
SISKA_MULIANI_-_NIM_0503193224.pdf

Download (361kB)

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan salah satu ukuran keberhasilan dalam menjamin kepuasan kepada konsumen. Perusahaan dengan layanan yang tidak memberi kepuasan nasabah biasanya mendapati masalah yang kompleks, dan pelanggan yang merasa tidak senang umumnya menceritakan pengalaman kurang baiknya kepada orang lain. Maka dari itu, semua bank memiliki kewajiban untuk merencanakan, menyelenggarakan, mengendalikan dan mengimplementasikan mutu pelayanannya untuk memastikan bahwa pelayanan tersebut memuaskan nasabahnya. Metode penelitian pada penelitian ini yaitu Data pada penelitian ini adalah hasil dari atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer pada penelitian ini didapatkan dari RM-Retail Business, Customer Service, dan Teller sebagai karyawan di Bank Muamalat Indonesia KCP Stabat. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dimana informasi yang diperoleh dideskripsikan dan dijelaskan secara rinci. PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Kantor Cabang Pembantu Stabat merupakan salah satu bank yang menerbitkan produk berdasarkan prinsip syariah, dan salah satu produk yang banyak diminati adalah produk tabungan iB Hijrah. Tabungan ib Hijrah menggunakan akad wadi'ah. Tabungan iB Hijrah dengan akad Wadi'ah merupakan produk untuk membantu nasabah yang ingin menyimpan dan menabung uangnya dengan aman tanpa banyak potongan administrasi dan tidak menerapkan sistem bunga. Langkah awal strategi meningkatkan kualitas pelayanan yang dilakukan adalah melayani nasabah dengan pelayanan yang sebaik mungkin. Maka dari itu PT. Bank Muamalat Indonesia KCP Stabat menggunakan service excellent yaitu pelayanan yang sesuai dengan harapan dan kepuasan pelanggan. Hasil penelitian yaitu melayani nasabah dengan sebaik mungkin, Bank Muamalat Indonesia juga mengeluarkan pelayanan online yakni menggunakan aplikasi M-Din bertujuan untuk mempermudah nasabah melakukan pendaftaran pembukaan rekening dan bertransaksi secara online tanpa perlu datang ke kantor. Kendala internalnya keterbatasan unit kantor dan minimnya tenaga operasional Customer service dan Teller. Kendala eksternal jauhnya jangkauan pendaftaran dan ketidaktahuan masyarakat terhadap Bank Muamalat Indonesia sebagai bank syariah

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Bank Muamalat, iB Hijrah
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Mr. Rizqi Aditya
Date Deposited: 06 Dec 2023 08:28
Last Modified: 06 Dec 2023 08:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20933

Actions (login required)

View Item View Item