Sistem Pendukung Keputusan Dalam Seleksi Siswa Ekslusif dI SMP N Perisai Kutacane Menggunakan Algoritma Profile MATCHING DAN TOPSIS

Zahra, Ulfia (2023) Sistem Pendukung Keputusan Dalam Seleksi Siswa Ekslusif dI SMP N Perisai Kutacane Menggunakan Algoritma Profile MATCHING DAN TOPSIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
cover_ok.pdf

Download (861kB)
[img] Text
BAB_1.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (600kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB_IV-1.pdf

Download (795kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_ok.pdf

Download (686kB)

Abstract

Kelas Ekslusif adalah kelas yang mengajarkan program-program spesifik untuk peserta didik yang termasuk unggulan, dengan pengembangan bakat dan kreativitas yang ada didalam dirinya agar potensi yang ada bisa keluar dan bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat kecerdasan dan kemampuan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyeleksi siswa yang mampu masuk ke kelas ekslusif di SMP N Perisai Kutacane yang penyeleksian sebelumnya masih bersifat subjektifitas menjadi objektifitas. Untuk itulah perlu adanya sistem pendukung keputusan dengan menggunakan kombinasi metode Profile Matching dan Technique For Others Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS). Metode ini dipilih karena mampu menyelesaikan penyeleksian siswa ekslusif berdasarkan kriteria dan bobot yang sudah ditentukan oleh SMP N Perisai Kutacane yaitu, berbadan sehat, rekomendasi dari sekolah asal, nilai raport minimal juara 1 sampai 5, sertifikat prestasi (akademik maupun non akademik), hasil test tertulis, dan hasil wawancara, yang nantinya akan dijadikan acuan dalam penyeleksian siswa. Sistem ini dikembangkan dengan bahasa pemograman PHP. Hasil dari penelitian ini berupa penerapan kombinasi metode Profile Matching dan TOPSIS kedalam sistem dengan proses perhitungan manual disimpulkan memiliki hasil yang sama pada tiap-tiap prosesnya, sehingga sistem yang dibangun ini dirasa berhasil dalam menyeleksi siswa baru untuk masuk kedalam kelas ekslusif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kelas Ekslusif, Pengambilan Keputusan, Profile Matching, TOPSIS, sistem
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu Komputer > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Nadzalya Amalika
Date Deposited: 06 Dec 2023 08:17
Last Modified: 06 Dec 2023 08:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20931

Actions (login required)

View Item View Item