Hubungan Lingkungan Fisik Rumah Dengan Kejadian Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) Pada Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Marike Kecamatan Kutambaru Kabupaten Langkat

Yanti, Winda Damai (2023) Hubungan Lingkungan Fisik Rumah Dengan Kejadian Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) Pada Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Marike Kecamatan Kutambaru Kabupaten Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover_winda_fix.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab_1_winda.pdf

Download (560kB)
[img] Text
bab_2_x.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab_3_winda.pdf

Download (747kB)
[img] Text
bab_4_winda.pdf

Download (793kB)
[img] Text
bab_v_winda.pdf

Download (437kB)
[img] Text
dapus_winda.pdf

Download (1MB)

Abstract

Infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) adalah infeksi saluran pernafasan akut yang menyerang tenggorokan, hidung dan paru-paru yang berlangsung kurang lebih 14 hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lingkungan fisik rumah dengan kejadian ISPA pada lansia di wilayah kerja puskesman Marike kecamatan Kutambaru. Penelitian ini menggunakan metode Cross Sectional. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat khususnya lansia yang ada di wilayah kerja Puskesmas Marike Kecamatan Kutambaru. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 66 responden yang di peroleh menggunakan teknik random sampling. Instrument yang digunakan adalah kuosioner dan lembar observasi/pengukuran. Analisis data menggunakan uji chi square dengan derajat kemaknaan (α = 0,5). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara jendela/ventilasi dengan kejadian ISPA (Pvalue sebesar 0.027), ada hubungan antara kebiasaan merokok dengan ISPA (Pvalue sebesar 0.006), sedangkan pada plafon/langit-langit tidak ada hubungan dengan dengan ISPA (Pvalue 0,271), pada kondisi lantai tidak ada hubungan dengan ISPA (Pvalue sebesar 0.197). diharapkan kepada masyarakat untuk memperhatikan kondisi jendela/ventilasi apakah berfungsi dengan baik agar kelembapan udara dalam ruangan tetap terjaga dan mengurangi kebiasaan merokok di dalam rumah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan fisik rumah, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), Lansia
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Tamara Oktafiani Zega
Date Deposited: 05 Dec 2023 17:44
Last Modified: 09 Dec 2023 17:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20876

Actions (login required)

View Item View Item