Sari, Tri Wulan (2023) Peran Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Meningkatkan Akhlak Karimah Siswa di SMP Negeri 2 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER_SKRIPSI_WULAN.pdf Download (905kB) |
|
Text
BAB_I_SKRIPSI_WULAN.pdf Download (469kB) |
|
Text
BAB_II_SKRIPSI_WULAN.pdf Download (590kB) |
|
Text
BAB_III_SKRIPSI_WULAN.pdf Download (364kB) |
|
Text
BAB_IV_SKRIPSI_WULAN.pdf Download (663kB) |
|
Text
BAB_V_SKRIPSI_WULAN.pdf Download (344kB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN_SKRIPSI_WULAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya ekstrakurikuler keagamaan guna untuk menjadikan siswa yang berkualitas dan berakhlak mulia. Selain melalui pelajaran agama Islam di dalam kelas, ekstrakurikuler keagamaan yang diadakan di luar jam sekolah juga berperan besar dalam membantu kurikulum pendidikan agama Islam untuk meningkatkan akhlak karimah siswa melalui berbagai kegiatan Islami yang menarik dan menyenangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, dimana data yang dikumpulkan dijabarkan secara mendalam, rinci dan tuntas untuk menjelaskan suatu keadaan yang sebenarnya terjadi secara faktual dan akurat. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan ekstrakurikuler keagamaan di SMP Negeri 2 Medan dilakukan dengan pembinaan akhlak siswa selama tiga kali dalam seminggu yaitu pada hari Senin, Selasa, dan Rabu dengan sistem terpisah antara laki-laki dan perempuan. (2) Bentuk-bentuk ekstrakurikuler keagamaan yang ada di SMP Negeri 2 Medan ini terbagi menjadi tiga bentuk, yaitu: (a) Bentuk kegiatan harian, terdiri dari shalat dhuha, tadarus al-Qur’an dan shalat dzuhur berjama’ah; (b) Bentuk kegiatan mingguan, terdiri dari kajian rutin, tausiyah atau ceramah, latihan ceramah, tahsin dan baca tulis Qur’an (BTQ), serta diskusi seputar Islam; dan terakhir (c) Bentuk kegiatan tahunan, yaitu pesantren kilat Ramadhan. (3) Peran ekstrakurikuler keagamaan dalam meningkatkan akhlak karimah siswa di SMP Negeri 2 Medan ini sangat efektif dan berjalan dengan baik, yaitu di antaranya dapat mengembangkan potensi siswa, meningkatkan pengetahuan agama Islam, meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah, lebih rajin shalat, lebih rajin membaca al-Qur’an, lebih sopan dan santun, lebih disiplin dan menghargai waktu, jujur, bertanggungjawab, lebih toleransi, dan yang terakhir lebih menghargai alam.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Ekstrakurikuler Keagamaan, Akhlak Karimah |
Subjects: | 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Tamara Oktafiani Zega |
Date Deposited: | 05 Dec 2023 16:02 |
Last Modified: | 09 Dec 2023 17:54 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20866 |
Actions (login required)
View Item |