Kerja Sama Guru PAI dan Orang Tua dalam Menjaga Iffah Siswi SMP

Yulfina, Yulfina and Mardianto, Mardianto (2023) Kerja Sama Guru PAI dan Orang Tua dalam Menjaga Iffah Siswi SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6 (3). pp. 598-614. ISSN 2615-0891 (Submitted)

[img] Text
Kerja_Sama_Guru_PAI_dan_Orang_Tua_dalam_Menjaga_If.pdf

Download (344kB)

Abstract

Salah satu permasalahan yang sudah ada dari dulu namun saat ini sudah menjadi normalisasi yang sangat jelas adalah hubungan pacaran. Ketika wanita tidak lagi mengerti betapa berharganya dirinya dan nafsu menjadi pengandali antara wanita dan laki-laki maka semakin rusakllah umat akhir zaman ini. Syariat agama yang semakin asing sebab tidak adanya usaha untuk mendalami dan memahami hikmah dibalik perintah syariat itu sendiri. Oleh sebab itu wanita yang begitu dimuliakan dalam Islam harus paham betul mengenai pentingnya menjaga kesucian dan kehormatan diri. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pentingnya kerja sama guru PAI dan orang tua dalam menerapkan sikap iffah pada diri anak perampuan serta pentingnya sinkronisasi penanaman sikap iffah tersebut di rumah dan sekolah. Jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan observasi langsung dilengkapi berbagai referensi yang bersumber dari skripsi, jurnal, tesis dan kumpulan karya ilmiah lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerja sama guru PAI dan orang tua dalam menjaga iffah siswi SMP yang dilaksanakan di SMP IT Ad Durrah Medan Marelan menunjukkan bahwa, bentuk kerja sama yang dilakukan untuk menerapkan sikap iffah pada diri siswi SMP tersebut dimulai dari: (1) Memisahkan gedung belajar siswa laki-laki dan perempuan (siswa dan siswi tidak satu kelas), sehingga membatasi hubungan dan menjaga agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Tidak bermudah-mudahan dengan lawan jenis dan menjauhi perbuatan zina. (2) Mewawancarai dan melakukan berbagai tes kepada setiap anak yang berniat masuk SMP IT Ad Durah. (3) Mewawancarai para orang tua dan memastikan bahwa orang tua ikut berperan dan mau bekerja sama dalam mendidk dan membina anak mereka terutama dalam menerapkan sikap iffah. Sehingga nilai-nilai yang ditanamkan di sekolah dan di rumah selaras.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Kerjasama; Guru PAI; Orang Tua; Iffah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Tamara Oktafiani Zega
Date Deposited: 05 Dec 2023 15:39
Last Modified: 09 Dec 2023 17:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20861

Actions (login required)

View Item View Item