Hubungan Personal Hygiene Cuci Tangan Pedagang Jajanan Minuman dengan Kandungan Bakteri E.Coli di Sekolah Kota Tebing Tinggi

Savitri, Anggie Al-Qarana (2023) Hubungan Personal Hygiene Cuci Tangan Pedagang Jajanan Minuman dengan Kandungan Bakteri E.Coli di Sekolah Kota Tebing Tinggi. Skripsi thesis, State Islamic University of North Sumatera.

[img] Text
watermark_cover.pdf

Download (888kB)
[img] Text
watermark_bab_1.pdf

Download (250kB)
[img] Text
watermark_bab_2.pdf

Download (518kB)
[img] Text
watermark_bab_3.pdf

Download (360kB)
[img] Text
watermark_bab_4.pdf

Download (607kB)
[img] Text
watermark_bab_5.pdf

Download (226kB)
[img] Text
watermark_dafpus.pdf

Download (351kB)

Abstract

Pedagang minuman merupakan salah satu faktor utama yang dapat menentukan kualitas minuman, karena penjamah yang menjadi peran utama dalam pengolahan minuman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara personal hygiene cuci tangan pedagang jajanan minuman dengan kandungan bakteri e.coli di Sekolah Kota Tebing Tinggi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk survey yang bersifat observasional dengan desain penelitian cross-sectional. Sampel pada penelitian ini adalah 96 pedagang jajanan minuman di sekolah Kota Tebing Tinggi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang kemudian diolah dengan aplikasi SPSS dan untuk analisis data memakai uji chi square. Hasil penelitian ditemukan bahwa sebanyak 7 orang (7.3%) memenuhi syarat perilaku personal hygiene, dan sebanyak 89 orang (92.7%) tidak memenuhi syarat perilaku personal hygiene. Kemudian kesimpulan yang diperoleh ada hubungan personal hygiene cuci tangan pedagang jajanan minuman dengan kandungan bakteri e.coli di sekolah Kota Tebing Tinggi dengan nilai p value = 0,000 dimana lebih kecil dari nilai α = 0,05. Adapun saran yang diberikan terhadap pedagang jajanan yaitu agar lebih memperhatikan personal hygiene cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir/bersih, dan selalu menjaga kebersihan tangan setelah menyentuh benda yang terbilang kotor.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Personal Hygiene, Cuci Tangan, Pedagang Jajanan, E.Coli
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr. Mickael Halomoan Harahap
Date Deposited: 05 Dec 2023 08:49
Last Modified: 15 Dec 2023 06:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20818

Actions (login required)

View Item View Item