Jasa Desain Grafis Pengguna Software Bajakan Perpsektif Tokoh Muhammadiyah dan Tokoh Nahdlatul Ulama Langkat (Studi Kasus Jasa Desain Grafis di Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat)

Rahman, M. Sulthan Agniya (2022) Jasa Desain Grafis Pengguna Software Bajakan Perpsektif Tokoh Muhammadiyah dan Tokoh Nahdlatul Ulama Langkat (Studi Kasus Jasa Desain Grafis di Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat). Skripsi thesis, State Islamic University of North Sumatera.

[img] Text
Cover_Skripsi_M_Sulthan_Agniya_Rahman-1-11.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab_1_msar.pdf

Download (557kB)
[img] Text
Bab_2_msar.pdf

Download (536kB)
[img] Text
Bab_3_msar.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Bab_IV_msar.pdf

Download (532kB)
[img] Text
Bab_v_msar.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Daftar_pustaka_compressed_(1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan teks dan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan sefektif mungkin. Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Sedangkan desainer grafis merupakan sebutan untuk orang yang melakukan pekerjaan jasa desain grafis. Di Kota Stabat tepatnya di Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat ada sebagian orang-orang yang bekerja sebagai Desainer Grafis, baik di Percetakan, maupun sebagai Freelancer. Untuk bisa mendapatkan atau menggunakan software yang digunakan dalam desain grafis, biasanya desainer grafis memanfaatkan software yang Berbayar/berlangganan, yang mana untuk mendapatkannya diharuskan membeli lisensi penggunaan untuk menggunakan software tersebut. Dan ada juga sebagian yang memanfaatkan software opensource (dapat diakses secara gratis). Software dengan berbayar/berlangganan merupakan yang paling banyak digunakan oleh desainer grafis, dikarenakan fitur nya lebih canggih yang dimana tidak ada dalam software yang gratis. Tetapi pada kenyataanya, banyak desainer grafis pemula maupun sudah lama yang menggunakan software lisensi berbayar dengan cara illegal yaitu dengan cara menggunakan software bajakan. Terkait transaksi muamalah tentang hukum menjual jasa desain grafis dengan menggunakan software bajakan di Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat terjadi perbedaan di antar tokoh pada masyarakat tersebut. Software bajakan merupakan software berbayar yang sudah di otak-atik oleh para hacker jadi dapat langsung di pakai tanpa harus registrasi atau membayar. Hal ini akan berdampak bagi keamanan pengguna software bajakan tersebut. Tentunya ini akan sangat merugikan sang pencipta software tersebut. Dikarenakan sudah banyak biaya dan waktu yang digunakan untuk membuatnya. Menurut tokoh Muhammadiyah dari Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat tentang hukum tentang menjual jasa desain grafis dengan menggunakan software bajakan tidak diperbolehkan atau hukumnya diharamkan. Sedangkan pendapat tentang yang membolehkan atau menghalalkan jasa desain grafis yang menggunakan software bajakan. Berdasarkan uraian yang ada peneliti menggunakan metode Sosiologis Normatif. Adapun sifat penelitian ini adalah bersifat Komparatif. Penelitian ini juga berjenis penelitian kualitatif. Dalam analisis yang dilakukan peneliti memiliki kecenderungan terhadap pendapat tokoh Muhammadiyah yang melarang jasa desain grafis pengguna software bajakan dikarenakan masih ada software desain gratis yang bersifat terbuka (Opensource) seperti Inkscape dan GIMP yang dimana dapat diakses kapan pun.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Desain Grafis, Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama
Subjects: 000 Generalities > 003 Systems
2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.5 Organisasi
2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.5 Organisasi > 2X6.51 Organisasi Sosial
2X8 ALIRAN DAN SEKTE
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Mazhab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr. Mickael Halomoan Harahap
Date Deposited: 03 Dec 2023 11:11
Last Modified: 15 Dec 2023 06:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20772

Actions (login required)

View Item View Item