Suci, Isnaini Tiara and Rasyidah, Rasyidah (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran Biologi Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Materi Sistem Pernapasan Kelas XI SMA/MA. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 8 (3). pp. 582-592. ISSN p-ISSN: 2442-9481 e-ISSN: 2685-7332
Text
Artikel Ilmiah_Isnaini Tiara Suci_0310181003.pdf Download (678kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Higher Order Thinking Skill yang layak, praktis dan efektif untuk digunakan. Penelitian ini berjenis Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Teknik analisis data yang digunakan adalah kombinasi dari kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif digunakan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas. Sedangkan analisis data kualitatif digunakan untuk mengetahui hasil observasi, masukan dan saran. Output penelitian ini menyatakan bahwa LKPD berbasis HOTS pada sub-materi sistem pernapasan dinyatakan layak untuk diuji dengan adanya revisi. Pengembangan LKPD berbasis HOTS aplikatif dengan skor 98,46% (Validator Media) dan dinilai sangat layak dengan persentase 85,3% (Validator Materi). Kepraktisan LKPD ditunjukkan dengan tingkat respon guru sebesar 98,3% dan tingkat respon siswa sebesar 84,02%. LKPD ini juga dinyatakan efektif dengan nilai N-gain sebesar 0,32 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil yang diperoleh, LKPD berbasis HOTS dinyatakan layak, praktis dan efektif diterapkan dalam kegiatan pembelajaran.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Tingkat Tinggi, LKPD, Sistem Pernapasan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 11 Nov 2023 04:58 |
Last Modified: | 11 Nov 2023 04:58 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20504 |
Actions (login required)
View Item |