Peran Guru IPS dalam Membentuk Karaker Sosial Siswa di MTs Muhammadiyah 20 Natal Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal

Yanti, Afrida (2022) Peran Guru IPS dalam Membentuk Karaker Sosial Siswa di MTs Muhammadiyah 20 Natal Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_AFRIDA_YANTI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I_AY.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB_II_AY.pdf

Download (660kB)
[img] Text
BAB_III_AY.pdf

Download (523kB)
[img] Text
BAB_IV_AY.pdf

Download (831kB)
[img] Text
BAB_V_AY.pdf

Download (276kB)
[img] Text
LAMPIRAN_AY_FIX.pdf

Download (949kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui karakter sosial siswa di MTs Muhammadiyah 20 Natal Kecamatan Natal kabupaten Mandailing Natal, 2) Mengetahui peran guru IPS dalam membentuk karakter sosial siswa di MTs Muhammadiyah 20 Natal Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal, 3) Mengetahui kendala yang dihadapi guru IPS dalam membentuk karakter sosial siswa di MTs Muhammadiyah 20 Natal Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan menggambarkan bahwa : 1) Karakter sosial siswa di MTs Muhammadiyah 20 Natal Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal yaitu terdapat 31% karakter disiplin siswa dalam menggunakan kaidah berbahasa yang baik dan benar (Bahasa Indonesia), karakter disiplin dalam mengerjakan tugas dan mengumpulkannya tepat waktu sebanyak 74%. Karakter jujur 54%, karakter tanggung jawab 74%, karakter sopan santun 86%, karakter rasa ingin tahu 51%, karakter menghargai prestasi 89%, karakter bersahabat/ komunikatif 86%, karakter gemar membaca 51%, karakter peduli lingkungan 86%, dan karakter mandiri 80%. 2) Peran guru IPS dalam membentuk karakter sosial siswa di MTs Muhammadiyah 20 Natal Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal yaitu sebagai motivator dalam bentuk pemberian angka, hukuman, pujian dan hadiah. 3) Kendala yang dihadapi guru IPS dalam membentuk karakter sosial siswa di MTs Muhammadiyah 20 Natal Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal yaitu: 1) Berasal dari diri siswa itu sendiri (internal, 2) Berasal dari luar siswa (external), maksudnya yaitu lingkungan siswa, baik lingkungan keluarga maupun masyarakat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, IPS, Karakter Sosial
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Habiba Nur Maulida
Date Deposited: 13 Oct 2023 09:22
Last Modified: 13 Oct 2023 09:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20450

Actions (login required)

View Item View Item