Pengaruh Metode Drill Berbantuan Buku Saku Matematika Berbasis HOTS terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kelas X

Sari, Rhama Desvitha and Rakhmawati, Fibri (2023) Pengaruh Metode Drill Berbantuan Buku Saku Matematika Berbasis HOTS terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kelas X. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (2). pp. 1284-1294. ISSN 2579-9258

[img] Text
RHAMA_DESVITHA_SARI.pdf

Download (336kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara metode drill berbantuan buku saku matematika berbasis HOTS terhadap hasil belajar siswa dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di MAS Nur Ibrahimy. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yaitu karena peneliti menentukan dua kelas yang akan dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol secara acak. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAS Nur Ibrahimy yang berjumlah 30 orang. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes. Dalam penelitian ini pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu satu pertemuan dilaksanakan pembelajaran konvensiaonal, empat kali pelaksanaan pembelajaran dengan metode drill berbantuan buku saku matematika berbasis HOTS dan satu kali tes (post test). Data yang terkumpul dari hasil tes dianalisis dengan menggunakan uji tes “t”. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode drill berbantuan buku saku matematika berbasis HOTS terhadap hasil belajar siswa. Ini dapat dilihat dari perbandingan

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Metode Drill, Buku Saku Matematika Berbasis HOTS, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Habiba Nur Maulida
Date Deposited: 13 Oct 2023 03:01
Last Modified: 13 Oct 2023 03:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20428

Actions (login required)

View Item View Item