Tambusai, Aulia Rahma and Rakhmawati, Fibri (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematic) pada Materi Segi Empat dan Segitiga. Euclid, 10 (1). pp. 213-233. ISSN 2541-4453
Text
8529-22550-1-PB.pdf Download (611kB) |
Abstract
Untuk meningkatkan mutu persekolahan pada periode masyarakat 5.0, diperlukan kemajuan dalam peningkatan pelatihan. Dengan mengembangkan inovasi media pembelajaran yang sejalan dengan pendekatan pembelajaran yang dapat membekali siswa dengan zamannya, penelitian bertujuan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran. Modul digital berbasis pendekatan STEAM pada materi berbentuk segi empat dan segitiga dapat digunakan untuk mengembangkan bahan ajar yang valid dan bermanfaat sebagai solusi. Metode Penelitian ini adalah R&D dengan menggunakan model 4D. Tiga validator menilai validitas bahan ajar: validator media, validator materi dan validator bahasa, kemudian dilakukan uji kepraktisan dan uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan skala maksimal 4,00 nilai validasi media 3,73, nilai validasi materi 3,70, dan nilai validasi bahasa 3,73. Hal ini menunjukkan bahwa modul digital dapat digunakan dengan cara yang sangat praktis. Persentase rata-rata kepraktisan modul digital sebesar 81,31% menunjukkan sangat praktis. Selain itu, modul digital berbasis STEAM dinilai cukup efektif dengan nilai N-Gain sebesar 0,5651 untuk uji efektivitas. Oleh karena itu, modul digital yang dikembangkan dapat dikatakan bermanfaat dan efektif untuk pembelajaran materi berbentuk persegi panjang dan segitiga.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Pendekatan STEAM, Model 4D, Segi Empat, Segitiga |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Habiba Nur Maulida |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 02:42 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 02:42 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20427 |
Actions (login required)
View Item |