Analisis Perencanaan dan Pengawasan Biaya Operasional dalam Upaya Peningkatan Laba pada SPPBE PT. Migas Energi Nusantara Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun 2019

Suriyana, Suriyana (2021) Analisis Perencanaan dan Pengawasan Biaya Operasional dalam Upaya Peningkatan Laba pada SPPBE PT. Migas Energi Nusantara Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun 2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_compressed.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (662kB)
[img] Text
BAB_II_compressed.pdf

Download (872kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (740kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (593kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_compressed.pdf

Download (207kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai perencanaan dan pengawasan anggaran biaya operasional serta pelaksanaan anggaran pada perusahaan dalam upaya peningkatkan laba pada SPPBE PT. Migas Energi Nusantara Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun 2019. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis pada penelitian ini adalah memperlihatkan bahwa didalam melakukan perencanaan biaya operasional yang pertama, menunjukkan bahwa perusahaan menyusun anggaran biaya operasional menggunakan metode top down yaitu anggaran biaya operasional dibuat dan disusun oleh atasan tanpa melibatkan bawahan. Kedua, perusahaan belum melakukan pemilihan terhadap berbagai alternatif atas rencana biaya operasional yang ditetapkan. Ketiga, perusahaan belum dapat membuat perencanaan yang matang/tepat. Sedangkan di dalam pengawasan biaya operasional perusahaan yang pertama menunjukkan bahwa perusahaan belum mampu melakukan pengawasan terhadap biaya operasional dimana, adanya kesenjangan antara biaya operasional yang ditetapkan dengan realisasi dari biaya itu sendiri. Kedua, dalam melakukan penyusunan anggaran perusahaan tidak berorientasi pada jangka waktu panjang, dimana anggaran biaya operasional pada setiap bulannya tidak terlalu berbeda. Ketiga, kebijakan yang dibuat oleh pimpinan perusahaan belum dilakukan secara fleksibel yang sesuai dengan situasi dan kondisi perusahaan, dimana anggaran yang telah ditetapkan tidak dapat dirubah atau diperbaiki sesuai dengan keadaan dan tidak dapat diketahui dengan jelas mengenai rencana kegiatan penjualan yang direncanakan perusahaan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Pengawasan, Biaya Operasional, Laba
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Habiba Nur Maulida
Date Deposited: 06 Oct 2023 05:34
Last Modified: 06 Oct 2023 05:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20414

Actions (login required)

View Item View Item