Implementasi Pemberian Reward dan Punishment Pada Sikap Sosial Siswa di SMP PAB 8 SAMPALI

Maghfira, Aliffia (2023) Implementasi Pemberian Reward dan Punishment Pada Sikap Sosial Siswa di SMP PAB 8 SAMPALI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
cover-1.pdf

Download (827kB)
[img] Text
BAB_I_SKRIPSI_ALIFFIA_MAGHFIRA.pdf

Download (664kB)
[img] Text
BAB_II_SKRIPSI_ALIFFIA_MAGHFIRA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_III_SKRIPSI_ALIFFIA_MAGHFIRA.pdf

Download (662kB)
[img] Text
BAB_IV_SKRIPSI_ALIFFIA_MAGHFIRA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V_SKRIPSI_ALIFFIA_MAGHFIRA.pdf

Download (612kB)
[img] Text
daftar_pustaka_dan_lampiran-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Proses dan bentuk implementasi pemberian reward dan punishment pada sikap sosial siswa, 2) Kendala apa saja yang timbul dalam pengimplementasian reward dan punishment pada sikap sosial siswa, 3) Solusi untuk mengatasi kendala yang dialami guru dalam memberikan reward dan punishment pada sikap sosial siswa, 4) Dampak dalam implementasi pemberian reward dan punishment pada sikap sosial siswa di SMP PAB 8 SAMPALI. Adapun jenis penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Pada penelitian kualiatif ini bermaksud untuk mendeskripsikan suatu objek, fenomena atau latar sosial yang dialami suatu individu maupun kelompok. Serta dalam proses pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan di SMP PAB 8 SAMPALI menunjukkan bahwa reward dan punishment diberikan sesuai pencapaian dan kesalahan dengan berbagai bentuk yang telah di sepakati oleh pihak guru melalui tahapan pendiskusian dan pertimbangan serta evaluasi yang dilakukan guna untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Adapun berbagai kendala yang dialami guru dalam penerapan reward dan punishment yakni dengan cara memberikan pemahaman serta kesempatan bagi siswa untuk bersaing dalam segi kemampuan maupun keterampilan yang dimiiki siswa. Selain itu dampak yang ditimbulkan dari reward, meningkatkan kedisiplinan dan minat belajar siswa sementara punishment yang diterapkan dapat menimbulkan kesadaran pada siswa dan berhasil memberikan efek jera sehingga siswa tidak mengulang kembali kesalahan dan pelanggaran yang pernah dilakukan sebelumnya oleh siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reward, Punishment, Sikap Sosial, Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 21 Sep 2023 05:35
Last Modified: 21 Sep 2023 05:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20383

Actions (login required)

View Item View Item