Zahra, Azkiya (2023) Prediksi Prestasi belajar Siswa Madrasah Berdasarkan Gaya Belajar Menggunakan Algoritma C5.0. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text (Skripsi)
Skripsi Azkiya Zahra.pdf - Accepted Version Download (4MB) |
Abstract
Gaya belajar adalah sikap atau cara belajar yang dilakukan siswa agar informasi/ilmu dapat ia terima dengan baik dan memahaminya kemudian mengolahnya dan menyampaikan informasi/ilmu tersebut kepada yang lain agar ilmu tersebut bermafaat. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi prestasi siswa berdasarkan gaya belajar, yaitu visual, auditorial, dan kinestetik. Agar meningkatkan prestasi siswa di Madrasah Tsanawiyah Batang Kuis.Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah Algoritma C5.0. Dalam memilih atribut untuk pemecah objek dalam beberapa kelas harus dipilih atribut yang menghasilkan informasi paling besar akan terpilih sebagai root untuk node selanjutnya. Algoritma ini dimulai dengan semua data yang dijadikan akar dari pohon keputusan sedangkan atribut yang dipilih akan menjadi pembagi bagi sampel tersebut. Data training yang diperoleh pada penelitian ini adalah membuka 150 siswa dan data menguji 60 siswa. Hasil pengujian pada penelitian ini menunjukkan akurasi sebesar 100% dan laju error sebesar 0% dengan menggunakan algoritma C5.0. Pada penelitian ini algoritma C5.0 berhasil diterapkan untuk melakukan pembandingan prestasi belajar, sehingga algoritma C5.0 berjalan dengan baik.Aplikasi dapat dikembangkan lagi agar lebih interaktif dan untuk penelitian selanjutnya menggunakan metode lain atau antara metode.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gaya belajar, algoritma, prestasi belajar, siswa madrasah |
Subjects: | 000 Generalities > 005 Computer programming, programs, data 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu Komputer > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Dra. Retno Sayekti, MLIS. |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 14:59 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 14:59 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20381 |
Actions (login required)
View Item |