Problematika Guru PAI Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Pada Siswa SMP Negeri 4 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal

Sani, Azrul (2023) Problematika Guru PAI Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Pada Siswa SMP Negeri 4 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (508kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang gambaran mengenai nilai-nilai akhlak siswa, problematika guru PAI dan solusi mengatasi problematika guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai akhlak siswa di SMP Negeri 4 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana: 1). Nilai-nilai akhlak siswa di SMP Negeri 4 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal, 2). Problematika guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai akhlak siswa di SMP Negeri 4 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal, 3). Solusi mengatasi problematika guru PAI dalam menanamkan nilainilai akhlak siswa di SMP Negeri 4 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian menggunakan pendekatan fenomonologi, yaitu penelitian filosofis untuk menyelidiki pengalaman manusia yang dijadikan landasan pemikiran dengan memandang secara realitas sosial, fakta sosial, atau fenomena sosial yang menjadi masalah di dalam penelitian. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan untuk teknik pengecekan keabsahan data adalah dengan menggunakan tringulasi. Hasil temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa: 1). Adapun nilai-nilai akhlak siswa di SMP Negeri 4 Panyabungan masih menunjukkan perilaku yang bernilai buruk, seperti masih ada yang tidak mendengarkan nasehat guru, membantah guru, sering berkelahi, berkata-kata kotor (ucapan yang bernada kebencian dan penghinaan), bolos dalam kegiatan keagamaan dan tidak melaksanakan sholat dhuha di lapangan sekolah dan sholat dzhuhur di mushollah, 2). Adapun problematika guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai akhlak siswa di SMP Negeri 4 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal, seperti kurangnya kemampuan guru Pendidikan Agama Islam mengenai penanaman nilainilai akhlak, metode penanaman nilai-nilai akhlak yang kurang bervariasi, guru Pendidikan Agama Islam kurang bertanggung jawab, 3). Adapun solusi mengatasi problematika guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai akhlak siswa di SMP Negeri 4 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal dengan memberikan pelatihan mengenai penanaman nilai-nilai akhlak, menggunakan metode yang efektif, menjalankan perannya sebagai guru dengan penuh tanggung jawab.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Akhlak; Problematika Guru PAI
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 15 Sep 2023 05:49
Last Modified: 15 Sep 2023 05:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20375

Actions (login required)

View Item View Item