Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan

Abdi, Ananda Nazifa (2022) Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_(DLL).pdf

Download (983kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (769kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (734kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_(LAMPIRAN)_(2).pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Rohani Islam. (2) Untuk mengetahui metode pembina Rohani Islam dalam membentuk akhlakul karimah siswa (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Rohis dalam membentuk akhlakul karimah siswa di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Penelitian ini menggunakam metode kualitatif dengan pola pendekatan fenomonologis. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan tahapan: reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Data penelitian diperiksa keabsahannya dengan menggunakan teknik triangulasi sumber, metode, dan teori. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Rohis diawali dengan adanya perencanaan yaitu menentukan tujuan dan dasar pelaksanaan, tenaga pendidik, sasaran, media, sumber belajar, evaluasi kegiatan rohis. (2) Metode membentuk akhlakul karimah yaitu metode ceramah (muhadarah), keteladanan (qudwah), pembiasaan (tawidiyah), nasihat (mau'izah), diskusi (as-asyura) dan kisah (qishah). (3) Faktor pendukung pelaksanaan Rohis terdiri dari internal (kebutuhan siswa terhadap pengetahuan agama dorongan dalam diri siswa) dan eksternal (lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah). Sedangkan faktor penghambat terdiri dari internal (kurangnya kesadaran dan minat siswa) dan eksternal (sarana dan prasarana yang kurang memadai, minimnya waktu, dan anggota kurang aktif).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler, Rohani Islam, Akhlakul Karimah
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 15 Sep 2023 02:41
Last Modified: 15 Sep 2023 02:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20367

Actions (login required)

View Item View Item