Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe the Firing Line dan Number Head Together di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan

Anggraini, Azra (2021) Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe the Firing Line dan Number Head Together di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (570kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan berpikir kritis diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe The Firing Line dan Number Head Together di kelas VIII SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas VIII SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 2 kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII-1 dan VIII-2 yang masing-masing berjumlah 30 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen I dan II yang diperoleh dengan cara cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen pre test dan post test berbentuk uraian yang digunakan untuk melihat kemampuan awal siswa terutama kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan berpikir kritis matematika siswa dan juga untuk melihat kemampuan tersebut setelah diterapkan model pembelajaran The Firing Line dan Number Head Together. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur dan N-Gain. Adapun hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran The Firing Line dan Number Head Together berdasarkan hasil uji analisis dengan nilai Fhitung (4.275) > F Tabel (4.007) pada taraf

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran the Firing Line, Pembelajaran Numbered Head Together
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:59
Last Modified: 06 Sep 2023 04:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20339

Actions (login required)

View Item View Item