Strategi Komunikasi Mahasiswi Nikah Muda dalam Mengatasi Problematika Perkuliahan dan Rumah Tangga di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Agustian, Nazmi (2022) Strategi Komunikasi Mahasiswi Nikah Muda dalam Mengatasi Problematika Perkuliahan dan Rumah Tangga di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_NAZMI_AGUSTIAN.pdf

Download (644kB)
[img] Text
BAB_I_NAZMI_AGUSTIAN.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB_II_NAZMI_AGUSTIAN.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB_III_NAZMI_AGUSTIAN.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB_IV_NAZMI_AGUSTIAN.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB_V_NAZMI_AGUSTIAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_NAZMI_AGUSTIAN.pdf

Download (940kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika perkuliahan, problematika rumah tangga, serta startegi komunikasi dalam mengatasi problematika perkuliahan dan rumah tangga mahasiswi nikah muda di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan dan menganalisa peristiwa, fenomena dan aktivitas sosial, sikap, pemikiran dan sikap individu atau kelompok. Pengumpulan data penelitian yang digunakan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapat kemudian dianalisi dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang strategi komunikasi mahasiswi menikah muda dalam mengatasi problematika perkuliahan dan rumah tangga di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Sumatera Utara ini menunjukan bahwa problematika perkuliahan yang dirasakan informan yaitu sulitnya mengatur waktu, kesulitan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, dan pergaulan yang mulai menjaga jarak. Sedangkan pada problematika rumah tangga yang dirasakan informan berupa belum stabilnya ekonomi rumah tangga, manajemen waktu dalam pekerjaan rumah tangga, jarak karena tuntutan pendidikan dan pekerjaan, tengah hamil dalam keadaan studi, dan rasa khawatir tidak diterima sebuah perusahaan karena telah menikah. Adapun strategi komunikasi yang digunakan dalam mengatasi problematika tersebut yaitu dengan cara keterbukaan, ketegasan (assertiveness), percaya (thrust), dan bersikap positif dalam mengkomunikasikan problematika yang terjadi di rumah tangga. Adapun strategi komunikasi mahasiswi nikah mudah tergolong efektif karena selain menerapkan strategi juga mendapat dukungan dari pihak pasangan dan keluarga.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Sep 2023 05:14
Last Modified: 01 Sep 2023 05:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20313

Actions (login required)

View Item View Item