Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Siswa Kelas XI SMA/MA

Harahap, Yulia Fatma (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Siswa Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER-YULIA_FATMA.pdf

Download (829kB)
[img] Text
BAB_1-YULIA_FATMA.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB_II-YULIA_FATMA.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB_III-YULIA_FATMA.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB_IV-YULIA_FATMA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V-YULIA_FATMA.pdf

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_1_SCANN_compressed_(1)_(1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “ Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Siswa Kelas XI SMA/MA”. Penelitian ini bertujuan dalam mengembangkan LKPD berbasis Inkuiri Terbimbing pada materi sistem pertahanan tubuh menguji kevalidan, kepraktisan serta mengetahui keefektifan LKPD. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 LABURA, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI berjumlah 33 orang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (RnD) denganmodel 4D (Define , Design, Development, Dessiminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar validasi untuk ahli media, ahli materi, angket untuk respon guru biologi dan respon peserta didik serta tes yang dilakukan secara pretest-postest untuk melihat keefektifan LKPD berbasis inkuiri terbimbing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang telah dikembangkan mendapatkan persentase 79% (ahli media) dengan kriteria valid dan 75% (ahli materi) dengan kriteria valid, serta 100% (respon guru biologi) dan 91% (respon peserta didik) dengan kriteria sangat praktis. LKPD juga dinyatakan efektif dilihat dari ketercapaian hasil N-Gain dengan mendapatkan skor rata-rata sebesar 0,81 dengan kategori tinggi. Berdasarkan paparan hasil diatas dinyatakan bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang telah dikembangkan layak, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. LKPD yang dikembangkan dapat digunakan guru sebagai bahan ajar didalam kelas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Sep 2023 04:25
Last Modified: 01 Sep 2023 04:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20312

Actions (login required)

View Item View Item