Mahasiswa Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir dalam Program Tahfiz Alquran (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam UIN Sumatera Utara)

Pratiwi, Sukma (2021) Mahasiswa Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir dalam Program Tahfiz Alquran (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam UIN Sumatera Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_sukma_pratiwi,_0403173106_iat_fusi_uinsu.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I_sukma_pratiwi,_0403173106_iat_fusi_uinsu.pdf

Download (640kB)
[img] Text
BAB_II_sukma_pratiwi,_0403173106_iat_fusi_uinsu.pdf

Download (519kB)
[img] Text
BAB_III_sukma_pratiwi,_0403173106_iat_fusi_uinsu.pdf

Download (565kB)
[img] Text
BAB_IV_sukma_pratiwi,_0403173106_iat_fusi_uinsu.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB_V_sukma_pratiwi,_0403173106_iat_fusi_uinsu.pdf

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_sukma_pratiwi,_0403173106_iat_fusi_uinsu.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Faktor yang menjadi kendala Mahasiswa Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir dalam Menghafal Alquran serta Solusi Mahasiswa dalam mengatasi kendala dalam menghafal Alquran. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif deskriptif, dengan meneliti langsung Fakta di lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini terdiri dari 40 Mahasiswa yang menjadi Responden, Peneliti melakukan wawancara langsung dengan Mahasiswa guna menggali Informasi yang terkait, melakukan Observasi di lapangan, dan melakukan Dokumentasi. Dari hasil analisa diskripsi dapat ditarik kesimpulan bahwa ada 2 kendala Mahasiswa Ilmu Alquran dan Tafsir dalam Menghafal Alquran yaitu terdiri dari Faktor Eksternal dan Faktor Internal : Faktor Eksternalnya yaitu Pengaruh lingkungan, tempat menghafal yang tidak kondusif, tidak dapat mengatur waktu, pengaruh gadget, pengaruh tv, pengaruh teman, belum terbiasa menghafal karena faktor latar belakang sekolah yang tidak ada kegiatan menghafal dan berbasis umum, Faktor situasi dan kondisi. Faktor Internalnya yaitu Gangguan pada Psikologis yaitu termasuk seperti (Mudah untuk berputus Asa, Rasa Malas, Tidak sabar ketika hafalan tidak kunjung hafal, Mudah ngantuk, Mudah Bosan, Malas dan jarang Murojaah dan menambah Hafal Baru, Susah membedakan ayatayat yang memiliki kesamaan atau kemiripan, Mudah lupa ayat, Godaan saat keimanan sedang menurun, Tidak bisa Fokus, Rasa Capek, adanya tekanan ketika menghafal Alquran), Tidak memahami Ilmu Tajwid dan Makhorijul Huruf, Kurangnya Motivasi, Kurangnya Kemampuan pada daya ingat atau tingkat kecerdasan, Faktor usia.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.2 Al-Quran dan terjemahnya
2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.3 Tafsir Al-Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Ilmu Al-quran dan Tafsir > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:25
Last Modified: 30 Aug 2023 03:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20294

Actions (login required)

View Item View Item