Strategi Ustaz dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri di Pondok Pesantren Zainul Umam Bandar Setia Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang

Utami, Tri (2022) Strategi Ustaz dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri di Pondok Pesantren Zainul Umam Bandar Setia Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB_1.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB_2.pdf

Download (647kB)
[img] Text
BAB_3.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB_4.pdf

Download (754kB)
[img] Text
BAB_5.pdf

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Strategi Ustaz Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri di Pondok Pesantren Zainul Umam Bandar Setia Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang” yang dilatar belakangi oleh kebijakan Pondok Pesantren yang memberikan jangka waktu belajar 1 tahun kepada santri untuk bisa menguasai Kitab Kuning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan ustaz dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri di pondok pesantren Zainul Umam Bandar Setia Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang dengan menggunakan metode bandongan, syawir dan lalaran selama 1 tahun program pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitiannya Kepala sekolah, Guru mata Pelajaran Kitab Kuning,. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen, dan teknik analisis data yang di gunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Kitab Kuning santri di Pondok Pesantren Zainul Umam menggunakan tiga strategi pembelajaran yang digunakan ustaz diantaranya adalah metode bandongan, syawir dan lalaran. Dalam praktiknya strategi ustaz dengan menggunkan 3 metode tersebut sangat efektif di terapkan kepada santri. Hal itu disebabkan ketiga strategi ini tidak hanya dilaksanakan dibawah bimbingan ustaz namun juga dipraktekkan oleh santri secara mandiri yang dapat membantu santri untuk lebih cepat dalam memahami Kitab Kuning selama mengikuti program belajar Kitab Kuning selama setahun di Pondok Pesantren Zainul Umam Bandar Setia Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Aug 2023 02:52
Last Modified: 28 Aug 2023 02:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20282

Actions (login required)

View Item View Item