Peran Bawaslu terhadap proses penyelesaian pelanggaran dalam penyelenggaraan pemilu serentak ditinjau dari perspektif fiqih siyasah( Studi kasus pelaksanaan pemilu serentak di Padang Lawas Utara 2019)

Harahap, Puja Amelia (2022) Peran Bawaslu terhadap proses penyelesaian pelanggaran dalam penyelenggaraan pemilu serentak ditinjau dari perspektif fiqih siyasah( Studi kasus pelaksanaan pemilu serentak di Padang Lawas Utara 2019). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
cover_dan_kata_pengantar_puja.pdf

Download (711kB)
[img] Text
BAB_I_new.pdf

Download (821kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (788kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (589kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (379kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (791kB)

Abstract

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebagai salah satu lembaga penyelenggara pemilu yang bertugas melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemilu memiliki wewenang antara lain mengawasi pelaksanaan tahapan-tahapan pemilu, menerima laporan-laporan dugaan pemilu, dugaan pelanggaran pemilu, dan menindaklanjuti temuan atau laporan kepada instansi yang berwenang. Seiring berjalannya waktu, dengan adanya peraturan perundang-undangan tentang penyelenggaraan pemilu yang baru yaitu Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017, ada penguatan kewenangan Bawaslu dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai lembaga pengawas pemilu. Tujuan penulisan ini adalah menganalisis peranan Bawaslu dalam menangani pelanggaran pemilihan umum di Padang Lawas Utara tahun 2019, dan juga penulis ingin mengetahui bagaimana tindakan atau peran Bawaslu dalam menangani atau mencegahadanya pelanggaran dalam pemilihan umum di Padang Lawas Utara. Adapun rumusan masalah yang penulis buat, Bagaimana Kedudukan atau kewenangan Bawaslu terhadap Pelaksanaan Pemilu 2019 di Padang Lawas Utara, Apa kendala bawaslu dalam penyelenggaran pemilu 2019 di Padang Lawas Utara (Paluta), Bagaimana Peran Bawaslu dalam menyelesaikan Pelanggaaran-pelanggaran yang terjadi pada penyelenggaraan Pemilu serentak 2019 di Paluta. Dalam perspektif fiqih siyasah dan diantaranya siyasah syari’ah ialah kemaslahatan seluruh umat manusia sesuai dengan ketentuan syara.Subyekpenelitianiniadalahketua atau anggota Badan Pengawas Pemilu daerah Paluta.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bawaslu, Undang-Undang, PersektifFiqihSiyasah
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science > 324 The political process
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:08
Last Modified: 31 Jul 2023 03:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20116

Actions (login required)

View Item View Item