Pengembangan Modul Pembelajarann Matematika Dengan Bantuan Media Aplikasi Berbasis Android Pada Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar Kelas IX Di SMP Islam Terpadu Al-Farabi

Hendrawan, Muhammad Riza (2022) Pengembangan Modul Pembelajarann Matematika Dengan Bantuan Media Aplikasi Berbasis Android Pada Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar Kelas IX Di SMP Islam Terpadu Al-Farabi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_.pdf

Download (934kB)
[img] Text
BAB_I_.pdf

Download (754kB)
[img] Text
BAB_II_.pdf

Download (818kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (690kB)
[img] Text
BAB_IV_.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V_.pdf

Download (351kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA__compressed_(1)_(1).pdf

Download (920kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk modul pembelajaran matematika berbasis aplikasi android pada materi perpangkatan dan bentuk akar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan pengembangan Research and Development (R&D) model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu: Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini yaitu peserta didik di kelas IX SMP Islam Terpadu Al-Farabi sebanyak 31 siswa. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket untuk melihat kevalidan dan kepraktisan media dan tes hasil belajar peserta didik untuk melihat kevalidan dan kepraktisan dari media yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan media pembelajaran sebesar 96% dengan kategori sangat baik/valid. Untuk tingkat kepraktisan dari media pembelajaran berdasarkan angket respon peserta didik sebesar 88,25% dengan kategori sangat praktis dan angket respon guru matematika sebesar 100% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan untuk tingkat keefektifan dari media pembelajaran berdasarkan hasil ketuntasan belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran matematika sebesar 77% dan setelah dilakukan uji-t diperoleh bahwa t hitung = 11,57417 dan t tabel = 2,042 sehingga adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest karena t hitung > t tabel begitu juga dengan n-gain diperoleh 0,55 dengan kategori sedang yang berarti bahwa media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian modul pembelajaran matematika berbasis aplikasi android dikatakan layak dengan kategori valid, praktis dan efektif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul, Aplikasi Android, Perpangkatan dan Bentuk akar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:39
Last Modified: 21 Sep 2023 04:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20094

Actions (login required)

View Item View Item