Implikasi Pola Asuh Grandparenting Terhadap Pembentukan Akhlak Anak Di Kepenghuluan Bahtera Makmur Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir

Asih, Nur (2023) Implikasi Pola Asuh Grandparenting Terhadap Pembentukan Akhlak Anak Di Kepenghuluan Bahtera Makmur Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER (SKRIPSI) NUR ASIH.pdf

Download (884kB)
[img] Text
BAB I (SKRIPSI) NUR ASIH.pdf

Download (581kB)
[img] Text
BAB II (SKRIPSI) NUR ASIH.pdf

Download (892kB)
[img] Text
BAB III (SKRIPSI) NUR ASIH.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB IV (SKRIPSI) NUR ASIH.pdf

Download (769kB)
[img] Text
BAB V (SKRIPSI) NUR ASIH.pdf

Download (343kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (SKRIPSI) NUR ASIH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Implikasi Pola Asuh Grandparenting Terhadap Pembentukan Akhlak Anak di Kepenghuluan Bahtera Makmur Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir”. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pola asuh grandparenting di Kepenghuluan Bahtera Makmur Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir. 2) Untuk mengetahui cara grandparenting dalam membentuk akhlak anak di Kepenghuluan Bahtera Makmur Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir. 3) Untuk mengetahui implikasi pola asuh grandparenting terhadap pembentukan akhlak anak di Kepenghuluan Bahtera Makmur Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara yaitu reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat 3 tipe pola asuh grandparenting yang diterapkan oleh 3 kakek dan 5 nenek yakni pola asuh demokratis, pola asuh otoriter, dan pola asuh permisif. 2) Cara grandparenting dalam membentuk akhlak anak dengan memberikan keteladan kepada anak, menerapkan pembiasaan kepada anak, dan memberi nasihat kepada anak. 3) Implikasi pola asuh grandparenting terhadap pembentukan akhlak anak yakni terdapat 3 anak dalam pengasuhan grandparenting memiliki akhlak yang terpuji, yang mana anak memiliki sifat jujur, penyabar, tabah, pemaaf, adil, hormat dan berbakti kepada kakek dan nenek mereka. Dan terdapat 4 anak memiliki akhlak yang tercela dalam pengasuhan grandparenting, di mana anak yang membentak, sering berbohong, mencuri, melawan, dan berbicara dengan intonasi yang tinggi kepada grandparenting. Pola asuh yang grandparenting terapkan berimplikasi pada pembentukan akhlak anak yakni terbentuknya akhlak terpuji pada anak, yang ditandai dengan bersifat jujur, sabar, tabah, pemaaf, adil, berbakti dan hormat kepada kakek dan nenek. dan terbentuknya akhlak tercela pada anak, yang ditandai dengan anak berperilaku buruk seperti membentak, suka berbohong, mencuri, serta berbicara dengan nada yang tinggi kepada kakek dan nenek.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implikasi, Pola Asuh Grandparenting, Pembentukan Akhlak
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:16
Last Modified: 26 Jul 2023 08:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20067

Actions (login required)

View Item View Item