Pengaruh Transaksi Hutang dan Piutang Terhadap Arus Kas Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Kasus Pada UD. Panglong باف Muslim Laut Dendang Percut Sei Tuan)

Rapika, Rapika (2022) Pengaruh Transaksi Hutang dan Piutang Terhadap Arus Kas Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Kasus Pada UD. Panglong باف Muslim Laut Dendang Percut Sei Tuan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. COVER water mark.pdf

Download (831kB)
[img] Text
2. BAB I water mark.pdf

Download (310kB)
[img] Text
3. BAB II water mark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
4. BAB III water mark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
5. BAB IV water mark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
6. BAB V water mark.pdf

Download (117kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA water mark.pdf

Download (940kB)

Abstract

Hutang memiliki kaitan yang erat dengan arus kas perusahaan. Untuk menjaga arus kas agar tetap sehat, perusahaan harus memastikan jumlah penjualan dan piutang usaha lebih besar dari pengeluaran yang dikeluarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Hutang dan Piutang Terhadap Arus Kas pada UMKM. Serta Piutang juga dapat mempengaruhi arus kas operasi perusahaan. Ini membuat pengendalian, manajemen, dan akuntansi untuk piutang menjadi tugas yang penting. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pendekatan asosiatif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan laporan keuangan triwulan serta populasi dan sampel menggunakan laporan keuangan triwulan dari periode 2017-2021. Data dianalisis dengan metode regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Hutang berpengaruh dan signifikan terhadap Arus Kas dengan t hitung 2,587 > t tabel 2,109, Piutang berpengaruh dan signifikan terhadap Arus Kas dengan t hitung 3,426 > t tabel 2,109, serta Hutang dan Piutang berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap Arus Kas dengan F hitung 9,333 > F tabel 3,63. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian koefisien determinasi variasi variabel Hutang dan Piutang mampu menjelaskan variasi variabel Arus Kas sebesar 52,3%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hutang, Piutang, Arus Kas, UMKM
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:16
Last Modified: 13 Jul 2023 03:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19935

Actions (login required)

View Item View Item