Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Alat Peraga Pada Pokok Bahasan Matriks Pada Siswa Kelas XI MAS Al-Ulum Medan Tahun Ajaran 2021-2022

Sari, Mulia (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Alat Peraga Pada Pokok Bahasan Matriks Pada Siswa Kelas XI MAS Al-Ulum Medan Tahun Ajaran 2021-2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER 3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (804kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (835kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (312kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis alat peraga pada materi matriks. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kepraktisan dan kefektifan media yang dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 2 MAS Al-Ulum Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model ADDIE, yakni terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), dan Evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi untuk mengukur kevalidan media pembelajaran, lembar angket uji kepraktisan siswa, serta tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kevalidan media berdasarkan penilaian ahli media yaitu 79% dengan kriteria sangat layak dan ahli materi yaitu 81,25% dengan kriteria sangat layak. (2) Kepraktisan media berdasarkan respon siswa yaitu 81% dengan kategori sangat praktis. (3) Keefektifan media pembelajaran berdasarkan tes hasil belajar siswa mendapatkan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 86% dengan hasil N-Gain 61% yang tergolong cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media pembelajaran matematika berbasis alat peraga pada materi matriks dapat dikatakan layak dengan kategori valid, praktis, dan efektif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Matematika, Alat Peraga, Matriks, ADDIE
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:54
Last Modified: 13 Jul 2023 02:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19930

Actions (login required)

View Item View Item