Analisis Hukum Terhadap Objek Lelang Musyarakah Mutanaqisah Pada Kasus Putusan Nomor 2206/Pdt.G/2015/PA.Mdn Menurut Fatwa DSN MUI No. 73/DSN-MUI/XI/2008 (Studi Kasus Putusan Pengadilan Agama Medan)

Dalimunthe, Putri Syakbania (2023) Analisis Hukum Terhadap Objek Lelang Musyarakah Mutanaqisah Pada Kasus Putusan Nomor 2206/Pdt.G/2015/PA.Mdn Menurut Fatwa DSN MUI No. 73/DSN-MUI/XI/2008 (Studi Kasus Putusan Pengadilan Agama Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.PDF

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.PDF

Download (532kB)
[img] Text
BAB II.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
BAB III.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text
BAB V.PDF

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.PDF

Download (851kB)

Abstract

Dalam penelitian ini dapat dikemukakan inti permasalahan yaitu berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional No: 73/DSN-MUI/XI/2008 Tentang Musyarakah Mutanaqisah butir ke-4 nomor 1 menjelaskan tentang apabila nasabah tidak mampu melunasi maka dapat meng-ijarah-kan barang jaminan milik nasabah, berbunyi sebagai berikut: “Aset Musyarakah Mutanaqisah dapat di-ijarah-kan kepada syarik atau pihak lain.” Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penyelesaian konflik para pihak pada kasus putusan nomor 2206/Pdt.G/2015/PA.Mdn, untuk mengetahui tanggapan MUI Sumut tentang pelaksanaan lelang jaminan pembiayaan musyarakah mutanaqisah pada kasus putusan nomor 2206/Pdt.G/2015/PA.Mdn, dan untuk mengetahui analisis hukum tentang objek lelang musyarakah mutanaqisah pada kasus putusan nomor 2206/Pdt.G/2015/PA.Mdn menurut Fatwa Dewan Syariah Nasional No: 73/DSN- MUI/XI/2008. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dan metode penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan legal normatif dan case approach. Bahan hukum yang dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumen. Kesimpulan dari skripsi ini adalah hukum lelang dalam Islam diperbolehkan, mubah dan halal sesuai dengan pandangan mayoritas ulama. Pendapat ulama yang memakruhkan berpandangan bahwa dalam akad lelang ada penumpukan penawaran yang dilarang Islam. Memang dalam lelang biasa terjadi penawaran ditumpuk dengan penawaran lainnya guna mencari pembeli/penawar tertinggi. Namun hal ini tidak menjadi ganjalan hukum karena penawaran dalam lelang belum terjadi akad jual beli. Maka kecondongan pembolehan hukum lelang dalam Islam lebih dikuatkan. Dalam hal ini sebagaimana permasalahan pada kasus putusan Pengadilan Agama Medan nomor 2206/Pdt.G/2015/PA.Mdn karena ketidaksesuaian akad yang disepakati antara PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Ahmad Yani Medan dalam hal ini menjalin kerja sama dengan PT. Yudati Putera Sentosa yang diwakili oleh Ali Udin Pohan sebagai Direktur PT. Yudati Putera Sentosa dengan mengadakan akad pembiayaan musyarakah mutanaqisah. Dan karena Direktur PT. Yudati Putera Sentosa tidak membayar jaminan maka PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Ahmad Yani Medan mengeksekusi/lelang barang jaminan milik Direktur PT. Yudati Putera Sentosa. Pelelangan terhadap barang jaminan yang dilakukan oleh pihak tergugat selaku Lembaga Keuangan Syariah (LKS) kepada pihak turut tergugat selaku Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) cabang Medan sebagaimana sesuai dengan perjanjian isi akad al- musyarakah No. 18 tanggal 14 Oktober 2003 dan akad pembiayaan line facility No. 54 tanggal 20 Februari 2004 sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Karena pelelangan semata-mata dilakukan untuk pelunasan pembayaran jaminan yang sudah diberikan pihak tergugat kepada pihak penggugat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Musyarakah Mutanaqisah, Pelelangan Jaminan, Pembiayaan Bermasalah
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Jul 2023 08:08
Last Modified: 12 Jul 2023 08:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19920

Actions (login required)

View Item View Item