Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis PMR (Pendidikan Matematika Realistik) Pada Materi Relasi dan Fungsi Siswa Kelas X MAS Miftahussalam T.A 2021/2022

Halimah, Ismi (2022) Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis PMR (Pendidikan Matematika Realistik) Pada Materi Relasi dan Fungsi Siswa Kelas X MAS Miftahussalam T.A 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (883kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kevalidan hasil pengembangan LKS berbasis PMR pada maeri relasi dan fungsi. 2) Kepraktisan hasil pengembangan LKS berbasis PMR pada materi relasi dan fungsi. 3) Keefektifan LKS berbasisi PMR pada materi relasi dan fungsi. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yaitu: Analisis (Analyze), Perancang (Desaign), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), Evaluasi (Evaluation). Tahap Analyze meliputi 1) analisis kebutuhan, 2) analisis materi. Tahap Desaign meliputi 1) pemilihan format, 2) desain awal LKS. Tahap Development meliputi 1) kevalidan LKS, 2) kepraktisan LKS. Tahap Implementation meliputi 1) Jadwal uji coba, 2) hasil uji coba. Tahap Evaluation meliputi 1) penilaian LKS, 2) analisis hasil uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adalah LKS berbasis PMR ini memenuhi aspek kevalidan pada aspek Aspek Format LKS dengan nilai rata-rata sebesar 4 (sangat valid), aspek Isi dengan nilai rata-rata sebesar 4,45 (sangat valid), aspek penyajian dengan nilai rata-rata sebesar 4,6, aspek bahasa sebesar 4,3 (sangat valid) sehingga total rata-rata adalah 4,3. Kepraktisan LKS yang dikembangkan dilihat dari penilaian validator yaitu ahli media dan ahli materi. Beradasarkan lembar validasi yang divalidasi oleh validator diperoleh bahwa validator menyatakan LKS yang dikembangkan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Berdasarkan kriteria kepraktisan maka dapat dikatakan bahwa LKS tersebut praktis. Keefektifan LKS ditentukan berdasarkan hasil respon siswa terhadap LKS dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 83,5%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa, Pendidikan Matematika Realistik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:32
Last Modified: 12 Jul 2023 03:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19912

Actions (login required)

View Item View Item