Harahap, Rauda Madina (2022) Analisis Miskonsepsi Materi Sistem Regulasi Pada Buku Pelajaran Biologi Kelas XI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER Rauda .pdf Download (837kB) |
|
Text
BAB 1 Rauda .pdf Download (369kB) |
|
Text
BAB 2 Rauda .pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
|
Text
BAB 3 Rauda.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
|
Text
BAB 4 Rauda.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) |
|
Text
BAB 5 Rauda.pdf Download (138kB) |
|
Text
DAPUS Rauda.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui jenis miskonsepsi yang terdapat di dalam buku Pelajaran Biologi kelas XI kurikulum 2013 materi Sistem Regulasi (2) untuk mengetahui presentase miskonsepsi pada setiap buku pelajaran biologi kelas XI kurikulum 2013 yang ada di SMA Swasta Nurul Islam Indonesia dan SMA Swasta Mamiyai Al- Ittihadiyah Kota Medan pada materi Sistem Regulasi. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode deskriptif kualitatif dengan analisis konten pada buku. Penelitia ini dilakukan dengan menganalisis konsep-konsep yang disajikan di dalam buku pelajaran biologi kelas XI apakah ada terjadi miskonsepsi. Konsep konsep dalam buku pelajaran di analisis menggunakan lima kategori miskonsepsi yaitu. Misidentifications, Overgeneralizations, Oversimplifications, Obsolote, Concepts and Term dan Undergeneralizations. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa miskonsepsi yang terdapat pada buku pelajaran biologi kelas XI kurikulum 2013 pada materi sistem regulasi dikategorikan yaitu : Misidentifications, Overgeneralizations, Oversimplifications dan Undergeneralization. Penelitian ini menunjukkan bahwa data dari hasil penelitian pada buku 1 memiliki 6 miskonsepsi jenis Misidentifications dengan presentase 1,70% sedangkan pada buku 2 sebanyak 8 miskonsepsi jenis Misidentifications dengan presentase 2,38%. Pada tabel Overgeneralizations penelitian menunjukkan bahwa buku 1 terdapat 1 jenis Overgeneralizations dengan presentase 0,28%, sedangkan pada buku 2 tidak ditemukan miskonsepsi jenis Overgeneralizations. Pada hasil penelitian data menunjukkan bahwa kedua buku memiliki kategori miskonsepsi jenis Oversimplifications. Buku 1 memiliki 7 miskonsepsi jenis Oversimplifications dengan presentase 1,99%, sedangkan pada buku 2 memiliki 2 miskonsepsi jenis Oversimplifications dengan presentase 0,59%. Pada hasil penelitian kategori Undergeneralization. Pada buku 1 tidak memiliki kategori miskonsepsi jenis Undergeneralizations, sedangkan pada buku 2 memiliki kategori miskonsepsi jenis Undergeneralization sebanyak 2 dengan presentase 0,59%.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Miskonsepsi, Materi Sistem Regulasi, Buku Pelajaran Biologi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 08:13 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 08:13 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19893 |
Actions (login required)
View Item |