Hasibuan, Yuli Varananda (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Terintegrasi Potensi Lokal Sebagai Bahan Ajar Biologi Ma Kelas X Padang Lawas Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
cover yuli.pdf Download (660kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (326kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (977kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (210kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (996kB) |
Abstract
Pengembangan Modul Terintegrasi Potensi Lokal merupakan sebuah inovasi yang dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Penggunaan modul yang memuat tentang potensi lokal belum banyak digunakan di sekolah terkhusus di Padang Lawas Utara Salah satu sekolah yang belum menggunakan modul Terintegrasi Potensi Lokal adalah MA Darul Ulum Sipaho. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengembangkan bahan ajar berbasis potensi lokal berupam modul yang memuat gambar dan warna yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan modul yang dikembangkan pada materi Keanekaragaman Hayati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model 4D dari Thiagarajan. Berdasarkan hasil penilaian dari pakar ahli dan siswa, modul sangat layak, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar bagi siswa MA. Hal ini dilihat berdasarkan penilaian dari para ahli oleh ahli materi dengan persentase sebesar 85%, ahli media sebesar 100%, guru mata pelajaran Biologi sebesar 100%, kepraktisan oleh siswa dengan persentase sebesar 89%, dan keefektifan produk dilihat dari rumus Ketuntasan Belajar dengan persentase sebesar 83, 78%. Modul yang layak untuk dikembangkan selanjutnya disebarkan ke beberapa sekolah yakni MA darul Ulum Sipaho.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Modul, Materi Keanekaragaman Hayati, Tumbuhan Ciplukan, Bayam, Balakka, dan lain-lain, Potensi Lokal, Bahan Ajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 07:59 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 07:59 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19890 |
Actions (login required)
View Item |