Teknik Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Proses Membaca Al-Quran Pada Remaja di TPQ Nuruz Zaini di Desa Ara Condong Kecamatan Stabat

Arwana, Dian (2021) Teknik Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Proses Membaca Al-Quran Pada Remaja di TPQ Nuruz Zaini di Desa Ara Condong Kecamatan Stabat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI DIAN ARWANA UNTUK PERPUS cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI DIAN ARWANA UNTUK PERPUS-bab1.pdf

Download (781kB)
[img] Text
SKRIPSI DIAN ARWANA UNTUK PERPUS bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (835kB)
[img] Text
SKRIPSI DIAN ARWANA UNTUK PERPUS bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text
SKRIPSI DIAN ARWANA UNTUK PERPUS bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)
[img] Text
SKRIPSI DIAN ARWANA UNTUK PERPUS bab 5.pdf

Download (462kB)
[img] Text
SKRIPSI DIAN UNTUK PERPUS dafpus.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana teknik komunikasi interpersonal guru dalam proses pembinaan membaca Al-Quran pada remaja di TPQ Nuruz Zaini di desa Ara condong kecamatan Stabat. Berdasarkan hasil data lapangan adanya beberapa teknik komunikasi yang digunakan guru terhadap remaja dalam proses pembinaan membaca Alquran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah guru TPQ Nuruz Zaini Desa Ara condong, kecamatan Stabat. Hasil penelitian ini adalah proses pembinaan membaca alquran di TPQ Nuruz Zaini tidak terlepas oleh adanya komunikasi interpersonal guru dengan santri. Ketika para siswa datang ke TPQ Nuruz Zaini mereka melakukan apel terlebih dahulu kemudian masuk ke dalam ruangan. Proses pembinaan diawali dengan siswa mengulang kajian (murojo’ah) sebelum proses mengaji dimulai. Para siswa juga tidak lepas dengan materi ilmu tajwid dan ilmu agama. Selain itu para guru juga mengajarkan siswanya tentang doa-doa harian yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Proses pembinaan ini juga didukung oleh guru-guru yang berkompeten dan adanya motivasi yang diberikan guru kepada siswanya agar mereka terus semangat dan rajin belajar. Di samping itu ada beberapa hambatan dalam proses pembinaan ini. Teknik komunikasi interpersonal yang digunakan guru di TPQ Nuruz Zaini menunjukkan teknik instruktif, Teknik komunikasi koersif dan hubungan manusia (Human Relations). Teknik instruktif merupakan teknik komunikasi yang digunakan untuk memberikan instruksi atau perintah kepada komunikan. Kemudian teknik komunikasi koersif merupakan penyampaian informasi yang sifatnya memaksa dan dominan menggunaan hukuman atau penalti apabila tidak terlaksana. sedangkan Hubungan manusia adalah hubungan yang tidak hanya dalam hal berkomunikasi saja, namun di dalam pelaksanaannya terkandung nilai-nilai kemanusiaan serta unsur-unsur kejiwaan yang mendalam.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teknik, Komunikasi Interpersonal, Pembinaan, Membaca Al-Quran
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Jul 2023 05:49
Last Modified: 11 Jul 2023 05:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19882

Actions (login required)

View Item View Item