Penerapan Manajemen Masjid Sebagai Pusat Dakwah di Masjid Raya Al-Aman Aek Kanopan Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara

Kurniawan, Heri (2023) Penerapan Manajemen Masjid Sebagai Pusat Dakwah di Masjid Raya Al-Aman Aek Kanopan Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER HERI FIXKK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (451kB)
[img] Text
2O23 BAB_V[1] HERIXXX FIX.pdf

Download (165kB)
[img] Text
2O23 DAFTARRR PUSTAKA FIX.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk penerapan manajemen masjid sebagai pusat dakwah di Masjid Raya Al-aman Aek Kanopan Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara, dan apa saja hambatan dan solusi Masjid Raya Al-aman Aek Kanopan Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara dalam penerapan manajemen masjid sebagai pusat dakwah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan pendekatan manajemen PDCA. Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sumber data skunder. Metode pengumpulan data menggunkan tekhnik observasi, wawancar dan dokumentsai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Masjid Raya Al-Aman Aek Kanopan Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara dalam pengelolaannya telah menerapkan fungsi-fungsi manajemen PDCA. Fungsi Plan dilakukan dengan mengadakan musyawarah bersama pengurus BKM Masjid, musyawarah dilakukan awal pengurusan dan setahun sekali dengan penentuaan forecasting, objektives, programming, schedulling, budgetting, dan procedures. Fungsi Do dilakukan untuk proses eksekusi rencana yang telah disepakati bersama. Eksekusi ini terkait program yang dijalankan seperti peringatan hari besar Islam (PHBI), Tabligh Akbar setiap 6 bulan sekali, Tahsin dan Tahfidz 4 kali dalam seminggu, Kajian Ilmu hadits, Ambulace geratis, ATM Beras dan Anak cinta Masjid. Fungsi Check dilakukan untuk proses pengecekan dan evaluasi hasil kinerja pengurus, evaluasi ini dilakukan dalam sebulan sekali. Fungsi Action dilakukan untuk proses menindaklanjuti dari hasil kinerja dan evaluasi kinerja pengurus seperti renovasi pembangunan Masjid. Adapun hambatan dalam penerapan manajemen Masjid sebagai pusat dakwah di Masjid Raya Al-Aman Aek Kanopan Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara yaitu pemahaman manajerial pengurus berbeda-beda, kesibukan pengurus pada pekerjaan lain, dan jarak rumah pengurus pada Masjid lumayan jauh. Solusi Masjid Raya Al-Aman Aek Kanopan Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara dalam menghadapi hambatan tersebut yaitu melakukan peningkatan manajemen pengurus dengan mengadakan suatu rapat, menghadirkan para ahlinya, dan melakukan studi banding pada masjid-masjid yang sukses pada pengelolaanya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Masjid, PDCA, Masjid Raya Al-Aman Aek Kanopan.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam > 2X7.22 Masyarakat Da’wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 07 Jul 2023 08:42
Last Modified: 17 Jul 2023 08:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19841

Actions (login required)

View Item View Item