Pengaruh Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Inspektorat Koperasi (INSKO) Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara)

Batubara, Alda Mawaddah (2022) Pengaruh Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Inspektorat Koperasi (INSKO) Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover ijazah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[img] Text
BAB III (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[img] Text
BAB V_New.pdf

Download (133kB)
[img] Text
Dapus dan lampiran.pdf

Download (962kB)

Abstract

Dinas koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara adalah pelaksana bagi kementrian koperasi yang menyelenggarakan urusan dalam bagian pengkoperasian usaha kecil dan menengah dan melakukan aktivitas terkait dengan ruang lingkupnya. KPRI INSKO sendiri merupakan koperasi bagi para pegawai negeri sebagai anggotanya, terdapatnya kelebihan pencatatan pada biaya honor pengurus dan juga pada penyusunan laporan keuangannya belum menerapkan SAK ETAP. Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengendalian internal yaitu lingkungan pengendalian, penilaian resiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, dan pemantauan terhadap kualitas laporan keuangan pada KPRI INSKO Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini dilaksanakan di KPRI INSKO Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara. Manfaat dalam penelitian ini salah satunya menambah pengetahuan dan memperluas wawasan penulis, memberikan informasi yang bermanfaat atau masukan kepada KPRI INSKO Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera utara mengenai pengendalian internal dan kualitas laporan keuangan, dan diharapkan dapat menjadi referensi untuk pengkajian dan penelaahan lebih lanjut mengenai permasalahan yang sama ataupun sebagai bahan kepustakaan. Teknik Analisis data yang digunakan adalah dengan pendekataan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan hasil kuesioner diterima kembali untuk diolah. Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS Versi 26.0. Hasil penelitian berdasarkan uji t menunjukan lingkungan pengendalian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan, penilaian resiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas laporan keuangan, variabel aktivitas pengendalian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan, informasi dan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan, pemantauan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan, serta hasil penelitian berdasarkan uji F menunjukkan lingkungan pengendalian, aktivitas pengendalian, penilaian resiko, informasi dan komunikasi dan pemantauan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengendalian internal, lingkungan pengendalian, penilaian resiko, aktivitas pengendalian, kualitas laporan keuangan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Jun 2023 07:19
Last Modified: 27 Jun 2023 07:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19769

Actions (login required)

View Item View Item