Pengembangan Modul Pencemaran Lingkungan Berbasis Studi Islam Sains Untuk Siswa Madrasah Aliyah Nurul Iman Sukaramai

Hasibuan, Nova Andriani (2022) Pengembangan Modul Pencemaran Lingkungan Berbasis Studi Islam Sains Untuk Siswa Madrasah Aliyah Nurul Iman Sukaramai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1 - COVER SKRIPSI NOVA ANDRIANI.pdf

Download (896kB)
[img] Text
2 - BAB I SKRIPSI NOVA ANDRIANI.pdf

Download (510kB)
[img] Text
3 - BAB II SKRIPSI NOVA ANDRIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)
[img] Text
4 - BAB III SKRIPSI NOVA ANDRIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text
5 - BAB IV SKRIPSI NOVA ANDRIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)
[img] Text
6 - BAB V SKRIPSI NOVA ANDRIANI.pdf

Download (173kB)
[img] Text
7 - DAPUS SKRIPSI NOVA ANDRIANI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tambahan berupa modul sains berbasis studi islam pada materi pencemaran lingkungan, serta menguji kelayakan dan efektifitas modul yang dikembangkan berdasarkan dari penilaian dan pengembangan (R&D) dengan metode ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah /MA Nurul Iman Suka Ramai. Uji coba dilakukan dalam skala kecil kepada 14 siswa dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket dan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis oleh validator dan guru kelas, modul dapat dinyatakan layak dengan rincian penilaian ahli materi sebesar 76%, ahli media sebesar 80% dan ahli studi islam sebanyak 92,30%. Sementara untuk uji respon siswa dan guru dinyatakan “sangat menarik” dengan masing-masing persentase sebesar 87,6% dan 83,63. Selanjutnya pada uji keefektifitasan modul diperoleh hasil sebesar 0,7 yang bermakna modul terbukti memiliki efektifitas “tinggi”. Dari hasill penelitian tersebut peneliti menyarankan agar pembelajaran IPA dengan menggunakan modul dapat digunakan guru sebagai bahan ajar yang praktis karena dapat menarik minat siswa dalam belajar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul Sains, Metode (R&D), ADDIE, Studi Islam, Pencemaran Lingkungan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Jun 2023 04:36
Last Modified: 27 Jun 2023 04:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19761

Actions (login required)

View Item View Item