Menanamkan Nilai Tauhid dalam Tradisi Mitoni Studi Kasus Masyarakat Jawa Di Emplasmen Pondok Pasir Dolok Ilir I Kecamatan Dolok Batu Nanggar Kabupaten Simalungun

Limbong, Jihan Safitri (2022) Menanamkan Nilai Tauhid dalam Tradisi Mitoni Studi Kasus Masyarakat Jawa Di Emplasmen Pondok Pasir Dolok Ilir I Kecamatan Dolok Batu Nanggar Kabupaten Simalungun. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
1.COVER-3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.BAB I-1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3.BAB II-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
4.BAB III-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
5.BAB IV-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
6.BAB V-1.pdf

Download (517kB)
[img] Text
7.DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Menanamkan Nilai Tauhid dalam Tradisi Mitoni Studi Kasus Masyarakat Jawa Di Emplasmen Pondok Pasir Dolok Ilir I Kecamatan Dolok Batu Nanggar Kabupaten Simalungun. Tradisi Mitoni ini merupakan sebuah tradisi lokal yang hingga kini masih dilaksanakan oleh masyarakat Jawa. Pelaksanaan mitoni terbentuk dari pola lama yaitu sebelum ajaran agama Islam masuk ke Indonesia yang masih erat dengan kebudayaan Hindu yang berasal dari kerajaan Kediri. Namun dilihat dari perkembangannya pelaksanaan tradisi ini semakin menunjukkan nilai-nilai keIslamannya sebagaimana pelaksanaan mitoni di Emplasmen Pondok Pasir Dolok Ilir I Kecamatan Dolok Batu Nanggar Kabupaten Simalungun. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengertian mitoni, latar belakang munculnya tradisi mitoni, tujuan tradisi mitoni secara umum, tata cara pelaksanaan mitoni, pandangan masyarakat Muslim tentang mitoni, Islam dalam tradisi kebudayaan masyarakat Jawa, nilai-nilai Islam dalam pelaksanaan mitoni dan menanamkan nilai Tauhid dalam tradisi mitoni di Emplasmen Pondok Pasir. Adapun metode yang penulis gunakan adalah penelitian Kualitatif dengan tipe Deskriptif. Penelitian ini dilakukan secara riset lapangan yang bersumber dari masyarakat Islam Khususnya orang Jawa di Emplasmen Pondok Pasir, kemudian di dukung dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan informan dan dokumentasi hal yang terkait. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa dalam menanamkan nilai Tauhid dalam tradisi mitoni ajaran Islam yang terkandung di dalamnya merupakan selamatan ataupun pengungkapan rasa syukur kepada Allah Subhanahu Wa ta'ala sebagai pencipta dan pemberi rezeki yang merupakan salah satu karunia diantara sekian banyak karunia yang diberikan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Masyarakat, Tradisi, Mitoni, Tauhid
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Akidah dan Filsafat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 26 Jun 2023 07:18
Last Modified: 26 Jun 2023 07:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19734

Actions (login required)

View Item View Item