Pengembangan Modul Berbasis Etnobotani di Sumatera Utara Sebagai Sumber Belajar Biologi Pada Materi Plantae

Dalimunthe, Rizka Ramadani (2022) Pengembangan Modul Berbasis Etnobotani di Sumatera Utara Sebagai Sumber Belajar Biologi Pada Materi Plantae. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover_Rizka.pdf

Download (649kB)
[img] Text
BAB I_Rizka.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB II_Rizka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[img] Text
BAB III_Rizka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] Text
BAB IV_Rizka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Bab V_Rizka.pdf

Download (170kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Rizka.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kelayakan dan efektivitas dari modul berbasis etnobotani di Sumatera Utara sebagai sumber belajar biologi pada materi Plantae di kelas X IPA SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Sugiyono dengan tujuh tahapan diantaranya, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk dan revisi produk. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi, angket uji coba dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase yang diperoleh pada validasi akhir mengalami kenaikan yaitu ahli materi memperoleh persentase sebesar 98.96%, ahli bahasa sebesar 87.5%, ahli media sebesar 81.25%, respon siswa skala kecil sebesar 88.21%, respon siswa skala besar sebesar 89.68% dan respon guru biologi sebesar 96.05% dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil perolehan nilai rata-rata N-Gain Score pada uji skala kecil dan skala besar adalah 0.72 dan persentase 72.17% dengan kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa modul berbasis etnobotani di Sumatera Utara layak dan cukup efektif untuk digunakan sebagai sumber belajar biologi pada materi Plantae

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul, Etnobotani
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Jun 2023 10:07
Last Modified: 22 Jun 2023 10:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19693

Actions (login required)

View Item View Item