Program Pekarangan Pangan Lestari Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Bidang Pertanian Di Kelurahan Harjosari II Kecamatan Medan Amplas

Syahraini, Eyla (2022) Program Pekarangan Pangan Lestari Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Bidang Pertanian Di Kelurahan Harjosari II Kecamatan Medan Amplas. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER (Skripsi eyla.).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I (Skripsi Eyla.).pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB II (Skripsi Eyla.).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img] Text
BAB III (Skripsi Eyla.).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB IV (Skripsi Eyla.).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text
BAB V (Skripsi Eyla.).pdf

Download (300kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (Skripsi Eyla.).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berfokus pada program pekarangan pangan lestari yang disingkat P2L. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pemberdayaan masyarakat melalui Program Pekarangan Pangan Lestari di bidang pertanian dapat mempengaruhi masyarakat sekitar, serta keterlibatan masyarakat dalam kegiatan Program P2L. Penelitian ini berlangsung pada kelompok Melati Program Pekarangan Pangan Lestari di Kelurahan Harjosari II Kecamatan Medan Amplas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Menurut temuan penelitian, pemberdayaan masyarakat di bidang pertanian melalui Program P2L berdampak baik bagi masyarakat sekitar. Pengaruh tersebut dapat dilihat pada perekonomian anggota kelompok Melati, yang dapat menurunkan pengeluaran konsumsi makanan rumah tangga, meningkatkan wawasan pengetahuan anggota, dan berkegiatan bersama saling bergotong royong membuat interaksi sosial di antara mereka lebih harmonis. Namun, karena wabah virus Covid-19 dan kesibukan masing-masing anggota, keterlibatan anggota tahun ini tidak seaktif pada awal kegiatan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Jun 2023 09:43
Last Modified: 21 Jun 2023 09:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19643

Actions (login required)

View Item View Item